Perbedaan Lantai Vinyl Dan Parket Yang Ada Di Pasaran
27 Mei 2024 Admin Lantai Vinyl

Perbedaan Lantai Vinyl Dan Parket Yang Ada Di Pasaran

Perbedaan Lantai Vinyl Dan Parket - Mengetahui perbedaan antara lantai vinyl dan lantai parket akan memberi Anda pengetahuan yang lebih komprehensif tentang produk mana yang cocok digunakan untuk mengisi bagian flooring rumah atau properti yang sedang Anda bangun.

Tentu saja, panduan memilih produk flooring perlu ditekankan pada kualitas produk dan bukan hanya tampilan semata. Agar tidak salah pilih, mari kita cari tahu bersama-sama perbedaan lantai vinyl dan lantai parket!

Meskipun tampak hampir sama, keduanya memiliki keistimewaan masing-masing sehingga Anda harus teliti sebelum mengambil kesimpulan sebagai pelapis lantai bernuansa kayu.

Mungkin ada beberapa orang yang baru mendengar kata vinyl dan parket atau Anda menjadi salah satu yang bertanya apakah itu jenis pelapis lantai parket dan vinyl?

Lantai Parket

Lantai parket merupakan lantai kayu yang terbuat dari potongan berbagai jenis kayu yang membuat ruangan terlihat lebih mewah. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai lantai parket.

Lantai parket dapat terbuat dari kayu solid atau kayu engineered yang terdiri dari lapisan kayu tipis dan diberi veneer. Karena terbuat dari kayu alami, penampilan lantai parket akan terlihat lebih natural dan cantik.

Kelebihan Lantai Parket:

  • Lifespan atau usia pemakaian yang lama jika dirawat dengan baik, sehingga cocok untuk pemakaian jangka panjang.
  • Penampilan yang lebih menarik, karena terbuat dari bahan natural.
  • Lebih sustainable karena sumber dayanya melimpah dan ramah lingkungan.
  • Jika ada kerusakan, bisa diperbaiki dengan mudah.
  • Meningkatkan nilai atau value rumah jika sewaktu-waktu dijual kembali.

Kekurangan Lantai Parket:

  • Mahal dari segi pemasangan maupun perawatan, sehingga perlu anggaran yang cukup.
  • Rentan terhadap suhu dan kelembapan, misalnya mudah melengkung atau menyerap cairan.
  • Mudah tergores atau penyok, sehingga dapat merusak penampilannya.
  • Permukaan yang cukup keras, sehingga dapat menimbulkan suara berisik.

Lantai Vinyl

Lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis PVC yang fleksibel namun kuat, sehingga bisa menahan beban dengan baik. Berikut ini kelebihan dari lantai vinyl. Biasanya panjang lantai vinyl mencapai 20 meter dan tebal 0,3 mm.

Berbeda dengan lantai parket yang terbuat dari bahan kayu alami, lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis bernama polyvinyl chloride.

Salah satu keunggulan dari lantai vinyl adalah kemampuannya untuk meniru pola atau motif pada permukaan lantai kayu, sehingga dapat menjadi alternatif jika Anda menginginkan lantai kayu di rumah.

Kelebihan Lantai Vinyl: