# Foto

Ketika masalah Anda mengenai memilih flooring yang tepat sudah selesai, muncul masalah baru yaitu pemasangannya. Beberapa orang, termasuk kami, perusahaan yang jual lantai kayu Jakarta, menyarankan Anda untuk menggunakan jasa para profesional saja. Namun beberapa menyarankan untuk memasang sendiri saja. Alasan memasang flooring sendiri biasanya didasari oleh budget yang ketat. 

Hasil instalasi tersebut juga tergantung pengalaman dan keberuntungan. Ada sebagian orang yang tidak memiliki pengalaman apapun tapi berhasil memasang flooring dengan baik, ada juga yang hasilnya malah merugikan mereka sendiri. 

Berikut ini adalah 4 kesalahan pemasangan lantai untuk Anda sedang berpikir untuk menginstalasi flooring sendiri. 

1. Memotong papan atau ubin dengan ukuran yang salah. 

Ketika Anda sedang memasang lantai, Anda harus benar-benar mengetahui dimensi ruangan dengan baik. Ukuran flooring tersebut, termasuk panjang dan lebar tiap papan, juga harus sama seperti ruangan tersebut. 

Motto yang baik untuk poin ini adalah “ukur dua kali, potong sekali”, karena jika Anda tidak hati-hari, yang akan terjadi adalah flooring yang tidak sepenuhnya tertutup papan atau ubin yang baru. Tentunya, hal tersebut akan tidak sedap dipandang, apalagi untuk Anda yang sangat menghargai kerapian dan keteraturan. 

2. Memasang lantai yang tidak sesuai

Tidak semua jenis lantai bisa Anda pasang di ruangan mana saja. Kayu asli sangat cocok untuk area luas seperti ruang keluarga tapi tidak untuk kamar mandi atau ruang bawah tanah. Karena seperti yang Anda ketahui, kayu tidak tahan dengan kelembapan. 

3. Mengambil flooring yang lama

Jika Anda adalah tipe orang yang ingin merombak ulang dan menghilangkan lantai yang lama, maka Anda harus tahu bahwa hal ini tidak harus dilakukan. Dalam beberapa kasus, Anda dapat memasang flooring yang baru di atas flooring lama tanpa masalah.

Jika tidak dilakukan dengan benar, menghilangkan flooring lama dapat merusak dasar lantai. Bila tidak berhati-hati, Anda juga dapat melukai diri sendiri. Oleh karena itu, jika Anda ingin langsung memecahkan ubin, menarik papan vinyl/laminate, menggergaji dek wpc, berhenti sejenak dan pikirkan baik-baik akan resikonya.

Bila Anda tidak yakin dapat melakukannya, maka hubungi jasa pemasangan lantai profesional. Anda dapat mencarinya sendiri atau meminta bantuan. House of Countrywood adalah distributor lantai kayu Jakarta yang tidak hanya membantu Anda dalam memilih lantai saja, namun juga dalam instalasinya.

4. Tidak membuat perencanaan instalasi

Umumnya, para pemasang flooring profesional akan memiliki perencanaan yang dimulai dari bagaimana mereka akan memulai proyek mereka. Umumnya, orang-orang yang memasang flooring sendiri yang tidak berpengalaman akan langsung merombak dan memasang yang baru. 

Tanpa perencanaan yang baik, Anda dapat kehabisan bahan sebelum Anda selesai memasang, tidak memasang papan dengan benar, serta memotong papan dengan ukuran yang salah. Memiliki perencanaan akan membantu Anda memasang flooring dengan lebih baik, sehingga jika Anda tidak memilikinya, bersiaplah menanggung resikonya.

Bila Anda memasang flooring sendiri dan hasilnya tidak baik, tentunya harga properti atau hunian tersebut akan turun. Oleh karena itu, supaya semua aman-aman saja, gunakan jasa para profesional saja. 

Ketika Anda bekerja sama dengan distributor atau penjual lantai kayu Jakarta yang terpercaya dan berkualitas, Anda tidak perlu pusing memikirkan banyak hal. Bersama House of Countrywood, Anda akan kami bantu mulai dari informasi seputar flooring yang sesuai dengan kebutuhan Anda hingga mendapatkan jasa pemasangan yang ahli.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga!