7 Pertimbangan yang Patut Anda Pikirkan Ketika Berbelanja Lantai Kayu
30 Maret 2023 Admin Lantai Kayu

7 Pertimbangan yang Patut Anda Pikirkan Ketika Berbelanja Lantai Kayu

Baik untuk rumah, kantor, kafe, atau area komersial lainnya, lantai kayu adalah pilihan klasik yang tidak akan pernah mengecewakan oleh karena rupanya yang sangat estetik dan cocok untuk segala setting.
 
Namun seperti tipe flooring lainnya, kayu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa hal ini dapat membantu Anda mempertimbangkan dan menentukan pilihan yang terbaik.
 

1. Bentuk dan rupa yang menawan

Kebanyakan dari Anda pasti mencari lantai kayu oleh karena dua hal ini, bukan? Dan memang, lantai kayu akan memberi Anda lantai dan keseluruhan ruangan yang sangat menyegarkan mata. Dibandingkan lantai lain, kayu lebih elegan, timeless, dan tidak akan pernah ketinggalan jaman.
 

2. Keawetan dan ketahanan

Lantai kayu Indonesia berkualitas seperti varian dari Countrywood lebih tahan lama dan akan tetap berada dalam kondisi yang baik hingga bertahun-tahun. Tetapi perlu diingat, beberapa tipe akan tetap kokoh meski menerima beban yang tidak ringan dalam waktu yang lama, namun mudah lembab, kembung, atau penyok. Sehingga, mencari perusahaan yang memberi Anda garansi atau layanan ekstra lainnya akan lebih menguntungkan Anda kelak.
 

3. Keanekaragaman

Seperti yang Anda ketahui, lantai kayu memiliki banyak sekali variasi dan pilihan mulai dari yang termurah hingga termahal. Tipe finish juga patut Anda masukkan dalam pertimbangan, contohnya, finish yang glossy akan lebih rentan terhadap goresan dan lebih licin serta sebaliknya.
 

4. Kualitas udara dalam ruang

Saat Anda memasang lantai kayu, maka tidak hanya estetika saja yang akan terlihat berkualitas, namun udara dalam ruang juga akan bertambah lebih baik. Hal ini berlaku pada hardwood atau lantai kayu lainnya yang tidak berserat atau akan menangkap debu atau hal lain yang menyebabkan alergi.
 

5. Kemudahan untuk membersihkan

Anda akan sangat mudah membersihkan lantai kayu karena flooring jenis ini tidak mengumpulkan banyak sekali kotoran, debu, dan alergen. Cukup dengan membersihkannya seminggu sekali menggunakan lap lembab dan vacuum cleaner.
 

6. Investasi yang menguntungkan

Memilih lantai kayu Indonesia berarti meningkatkan harga properti Anda sekarang. Dengan flooring ini, Anda sudah membuat nilai hunian atau area komersial Anda lebih tinggi daripada keramik atau ubin lainnya.
 
Sehingga, meskipun Anda merogoh kocek lebih banyak di awal, Anda akan menuai hasil baiknya di akhir. Banyak riset yang membuktikan bahwa rumah dengan lantai kayu akan terjual lebih cepat dan mahal. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa beberapa orang dan agen dapat mengetahui lantai mana yang bagus atau tidak sehingga hal ini juga mempengaruhi nilai jual.
 

7. Nyaman di kaki dan persendian

Salah satu kelebihan lantai kayu adalah keramahannya terhadap tubuh Anda. Dibandingkan keramik atau batu alam yang membuat kaki lebih mudah lelah dan terasa dingin, kayu cenderung lebih hangat dan empuk. Hal ini menyebabkan kenyamanan ekstra ketika Anda berjalan atau duduk di lantai kayu.