# Foto
Apa Saja Perbedaan Lantai Kayu Engineered dan Laminate?

Dari berbagai pilihan lantai kayu yang tersedia di sekitar kita sekarang, kayu engineered dan laminate adalah dua pilihan yang populer. Meski memiliki persamaan, yaitu diproduksi melalui mesin, keduanya sangat berbeda satu sama lain dan menawarkan beberapa keunggulan yang sesuai dengan berbagai kebutuhan flooring. 

Lalu apa saja perbedaan dari kedua lantai kayu ini? Mari kita lihat satu persatu. 

1. Cara pembuatannya

Kayu engineered memiliki lapisan solid wood pada bagian atasnya. Bagian intinya terdiri dari beberapa lapisan plywood berkualitas yang dipadukan untuk menambahkan kekuatan dan kestabilan lantai.

Sedangkan, laminate adalah lantai kayu sintetik yang memiliki lebih banyak lapisan. Lapisan atasnya merupakan gambar kayu resolusi tinggi yang diletakkan di atas bagian inti yang disusun dengan menggabungkan beberapa lapis fibre board dan resin melamin. 

2. Daya tahan

Kedua lantai kayu ini memiliki daya tahan yang baik, dan beberapa produsen menawarkan garansi produk selama beberapa tahun atau bahkan dekade. Kayu engineered dapat Anda amplas dan pernis ulang, serta lebih mudah diperbaiki tanpa harus melepas papan.

Fitur dari kayu engineered tersebut tidak ada pada laminate. Ketika permukaannya tergores atau pudar warnanya, Anda mau tak mau harus menggantinya. Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa merawatnya dengan lebih hati-hati, memilih flooring dengan lapisan pelindung yang lebih tebal dan memiliki fitur anti-UV. 

3. Kekuatan menahan kelembapan

Karena flooring kayu engineered memiliki lapisan atas solid wood, lantai ini tidak sepenuhnya tahan akan kelembapan dan air. Sehingga, flooring ini tidak bisa dipasang di area yang basah atau lembap. Sebaiknya Anda menginstalasinya pada area yang cenderung kering atau tingkat lengasnya dapat dimonitor. 

Lantai kayu laminate, sebaliknya, jauh lebih tahan akan kelembapan dan air sehingga Anda masih bisa memasangnya pada area yang cenderung basah tanpa perlu khawatir akan kerusakan akibat percikan dan tumpahan. Yang penting Anda membersihkan dan mengeringkannya sesegera mungkin. 

4. Pemeliharaan

Dibandingkan laminate, kayu engineered membutuhkan lebih banyak perhatian. Selalu gunakan pembersih yang direkomendasikan produsen agar permukaan, kilau, dan pernisnya tidak mudah pudar seiring berjalannya waktu. 

Untuk laminate, Anda hanya perlu menyapu, mengepel (dengan kain lembap saja), dan menggunakan vacuum cleaner secara rutin untuk mempertahankan rupa dan bentuknya. Kedua lantai kayu ini tahan akan noda, tetapi sebaiknya Anda segera membersihkan segala tumpahan agar tidak menimbulkan kerusakan permanen. 

5. Jangka waktu

Ketika kita membandingkan lantai kayu engineered dengan laminate, Anda dapat menikmati flooring ini dalam waktu yang lebih sebentar, yaitu sekitar dua dekade saja. Anda tidak dapat mengamplas dan memberi pernis laminate sehingga Anda harus membeli yang baru. 

Untuk Anda yang memiliki rencana untuk renovasi di waktu yang akan datang, laminate adalah pilihan yang tepat. Namun untuk Anda yang menginginkan flooring yang dapat tahan hingga beberapa generasi, maka engineered adalah pilihan yang lebih tepat. 

House of Countrywood menyediakan lantai kayu laminate dengan berbagai variasi yang dapat Anda pilih untuk hunian atau proyek Anda lainnya. Seperti apapun kebutuhan dan budget Anda, tim kami dapat membantu Anda memilih flooring yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga!