# Foto
Apa Saja Perbedaan Vinyl Lembaran (Roll) dan Papan (LVT)?

Vinyl adalah lantai kayu murah yang tersedia dalam tiga bentuk, yaitu ubin, papan, dan lembaran. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, membeli vinyl roll terasa seperti membeli wallpaper untuk lantai karena bentuknya dan sistem pemasangannya yang ditempelkan.

Sedangkan, vinyl papan adalah vinyl yang memiliki banyak lapisan dan tidak mengandung kayu. Umumnya flooring ini terbuat dari PVC atau batu kapur yang sudah dipadukan dengan plasticizer untuk melindungi dan memperkuat tiap papan.

 

Persamaannya

Kedua bentuk lantai kayu murah ini sifatnya 100% anti air dan umumnya terbuat dari vinil asli (virgin). Flooring ini sangat cocok dipasang dan digunakan pada area yang ramai karena sifatnya tahan goresan dan kokoh. Sayangnya, persamaannya hanya terletak pada bahan dan kemampuannya menahan air saja.

 

Perbedaannya

Meski memiliki bahan yang sama, yaitu vinil, kedua lantai kayu murah ini memiliki perbedaan mendasar, yaitu bentuknya. Vinyl roll berbentuk lembaran dan tidak memiliki celah atau batas karena proses pemasangannya mencakup pengukuran area dan menyesuaikan lembaran tersebut pada ruangan.

Flooring vinyl papan bentuknya mirip seperti laminate dan dipasang per papan supaya terlihat seperti kayu asli. Papan vinyl juga memiliki lapisan fiberglass yang kokoh, tidak seperti vinyl lembaran karena bentuk ini harus digulung.

 

Mana yang lebih baik di antara keduanya?

Ketika dilihat kembali, sebenarnya kedua bentuk flooring ini memiliki bahan yang sama. Hanya saja, flooring vinyl berbentuk papan sifatnya lebih kokoh, lebih menyerupai kayu asli, dan memiliki proses pemasangan yang lebih mudah. 

Anda tidak perlu khawatir akan adanya celah yang terlalu lebar karena meskipun dipasang satu per satu, flooring ini akan tetap terlihat mulus. Selain itu, karena papan ini ukurannya tidak besar dan pemasangannya tidak rumit, Anda bahkan bisa memasang lantai kayu murah ini sendiri (meskipun kami tidak menyarankannya). 

Papan lantai ini memang terlihat mirip seperti laminate, namun tidak seperti flooring tersebut, LVT lebih tahan akan kelembapan, air, dan permukaan yang terkelupas atau mengembung.

Vinyl lembaran memang praktis, namun memiliki resiko mengembung meski sifatnya tahan air dan kelembapan. Dari segi estetika, flooring ini tidak terlalu nampak seperti kayu asli karena tidak adanya variasi atau perbedaan corak atau motif kayu. 

Sehingga, jika Anda menginginkan flooring kayu yang terjangkau namun masih terlihat seperti kayu atau batu alam asli dan lebih tahan lama, maka lebih baik Anda menggunakan yang papan saja. Lantai ini memiliki motif dan corak yang serupa dengan aslinya namun tetap dapat Anda pasang pada area yang sering terkena air atau kelembapan dan dapat Anda rawat dengan lebih mudah. 

Akan tetapi yang harus tetap Anda ingat adalah, kedua jenis flooring ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda yang sebaiknya memilih sendiri tergantung kebutuhan, budget, kepentingan atau prioritas, dan lantai seperti apa yang Anda inginkan. 

Pada dasarnya, bila Anda menginginkan estetika dan kemudahan instalasi, maka LVT atau vinyl papan adalah jawaban Anda. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan perlindungan ekstra terhadap kelembapan dan harga yang sangat terjangkau, maka lantai kayu murah berbentuk vinyl roll patut masuk dalam pertimbangan serta pilihan Anda.

Ingin tahu lantai kayu murah apa saja yang ditawarkan oleh House of Countrywood? Hubungi tim kami sekarang juga!