# Foto
Apa Saja Pro dan Kontra dari Lantai Vinyl Berbentuk Papan?

Lantai kayu vinyl memiliki beberapa variasi seperti sheet dan tile, dan salah satunya adalah bentuk papan (plank). Lalu apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan varian ini? Mari kita mulai dari kelebihannya.

Pro

Kelebihan utama dari lantai kayu vinyl bentuk papan adalah ketahanannya akan air (100% water resistant) sehingga Anda bisa menempatkannya secara bebas, termasuk di ruang bawah tanah, dapur, kamar mandi, restoran, dan sebagainya. Pilihan ini juga sangat tepat untuk Anda yang memiliki anak kecil atau binatang peliharaan yang dapat menumpahkan banyak hal.

Tak hanya itu saja, papan vinyl juga sangat tahan lama dan Anda tidak perlu khawatir akan keadaannya di area atau ruangan yang sering dilewati. Banyak sekali yang menyukai papan vinyl oleh karena ketahanannya dan kemudahan perawatannya. Anda cuma perlu menyapu dan mengepel lantai ini secara rutin supaya tetap terlihat indah.

Karena teknologi semakin berkembang, sekarang Anda juga bisa mendapatkan papan lantai kayu vinyl dengan struktur yang semakin kokoh dan stabil. Sekarang, Anda bisa menemukan vinyl dengan ketebalan hingga 8mm, tekstur kayu yang makin realistis, dan lapisan underlayment yang semakin memudahkan proses instalasi.

Lantai kayu vinyl juga dapat dipasang pada sub-lantai apa saja. Papan yang lebih tebal lebih cocok dipasang untuk sub-lantai yang tidak rata atau sempurna. Oleh karena kemudahan pemasangannya, tidak sedikit yang memilih untuk menginstalasi papan ini sendiri.

Keunggulan lain dari papan vinyl adalah harganya yang sangat terjangkau namun tetap terlihat cantik dan tahan lama. Lantai kayu vinyl adalah pilihan yang tepat untuk area/ruangan yang sibuk tanpa harus mengeluarkan banyak biaya seperti flooring kayu asli.

Kontra

Seperti produk flooring apapun, lantai kayu vinyl variasi papan juga memiliki kekurangan dan kelemahannya. Jika Anda memasang vinyl menggunakan perekat atau lem, maka Anda akan susah mengambilnya, apalagi jika Anda harus mengganti papan yang rusak. Sehingga, lebih baik Anda tidak menggunakan perekat ketika memasang lantai ini.

Meski sangat tahan lama, papan lantai kayu vinyl sifatnya lebih empuk daripada laminate, keramik, dan kayu asli. Jadi, flooring ini cukup mudah tertusuk oleh benda yang sangat tajam seperti pisau dapur yang terjatuh atau kaki meja yang terbuat dari metal. Selain itu, lantai vinyl yang tidak memiliki struktur yang kuat dapat membengkok ketika harus menahan benda yang berat.

Lapisan pelindung papan vinyl juga berbeda dari laminate. Pada umumnya, lapisan tersebut tidak dapat menahan sinar UV sehingga lama kelamaan warnanya dapat memudar. Sehingga Anda sebaiknya menempatkan lantai ini di ruangan yang tidak terekspos sinar matahari atau melindunginya dengan tirai.

Apabila Anda sangat peduli dengan lingkungan, maka lantai ini kurang cocok dengan Anda. lantai kayu vinyl bukanlah benda yang dapat terurai secara alami serta mudah untuk didaur ulang. Sebenarnya hal ini dapat terbantu oleh sifatnya yang tahan lama, namun bila ada papan yang rusak, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru dan mau tidak mau membuang yang sudah tidak layak pakai.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai lantai vinyl variasi papan, hubungi tim House of Countrywood sekarang juga. Alamat, nomor telepon, dan email kami semuanya tertera pada halaman kontak situs ini. Kami tunggu kabar Anda!