Apakah Anda Sudah Memahami Lantai Kayu Laminate?
07 Agustus 2023 Admin Lantai Kayu

Apakah Anda Sudah Memahami Lantai Kayu Laminate?

Tidak hanya lantai vinyl dan dek komposit saja, House of Countrywood juga menawarkan flooring laminate. Apa itu lantai kayu laminate? Lantai ini merupakan alternatif kayu asli yang seringkali dicari dan digunakan oleh para pemilik rumah dan proyek. Pada dasarnya, flooring ini memiliki banyak lapisan dan produk akhirnya sangat menyerupai hardwood.

Banyaknya pilihan

Semakin lama dan semakin berkembangnya teknologi, laminate tidak hanya memberikan Anda lantai kayu saja. Anda juga bisa mendapatkan rupa flooring keramik dan batu alam juga. Dengan ini, Anda tidak usah pusing memikirkan biaya atau cara pemeliharaan karena laminate tidak memerlukan hal tersebut. Selain itu, proses pemasangannya tidak akan memakan banyak waktu Anda.

Lapisan-lapisan lantai kayu laminate

Terdapat tiga lapisan utama yang akan selalu ada pada papan laminate. Yang pertama adalah lapisan gambar yang menyerupai kayu, batu alam, atau keramik. Di atas lapisan ini adalah coating atau lapisan pelindung yang terbuat dari resin dan aluminium oksida. Coating inilah yang akan melindungi setiap papan dari goresan, sinar UV, dan lainnya.

Lalu, lapisan inti adalah bagian yang paling penting dan dapat Anda lihat ketika Anda menggunakan laminate dengan sistem kunci. Umumnya lapisan ini terbuat dari High Density Fiberboard yang memberikan tiap papan laminate kekuatan dan kekokohan yang dibutuhkan. 

Yang terakhir adalah lapisan paling belakang atau dasar yang berfungsi untuk menahan dan menyatukan semua lapisan agar setiap papan lantai kayu laminate bisa tetap stabil. Ketiga lapisan tersebut akan selalu dibutuhkan untuk memproduksi flooring ini.

Ciri khas laminate

Meskipun terlihat sama seperti flooring kayu asli dan sifatnya mirip dengan lantai vinyl, laminate memiliki ciri khas yang berbeda. Yang pertama, lantai kayu ini umumnya memiliki elemen kayu dalam bentuk pressed wood sehingga selalu kokoh. 

Karena terbuat dari kayu komposit, flooring ini tidak memiliki rupa yang sama seperti kayu asli kecuali diberikan lapisan gambar yang lebih. Ketika lapisan gambar diberikan serat atau ulir kayu, maka papan tersebut baru akan terlihat dan terasa seperti flooring hardwood. Dengan laminate, Anda bisa mendapatkan jenis kayu yang Anda inginkan tanpa harus membeli hardwood. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda tidak perlu repot memelihara flooring ini. Lantai kayu laminate bersifat tahan goresan, noda, dan lebih mampu menahan kerusakan oleh karena air daripada kayu asli. Cara membersihkannya juga tidak sulit dan tidak merepotkan. 

Proses pemasangan lantai ini singkat dan tidak akan mengganggu produktivitas atau aktivitas Anda terlalu lama. Menangani kerusakan juga tergantung dari tipe laminate yang Anda pilih. Ada yang hanya perlu mengganti bagian flooring yang rusak, ada juga yang mengharuskan Anda mengganti seluruh flooring. 

Bahan baku pembuatan lantai kayu laminate, produksi, dan hasil akhirnya masih memiliki harga yang jauh lebih murah daripada kayu asli. Selain itu, karena proses pemasangannya juga lebih mudah dan sederhana, harga jasa instalasinya juga 50% lebih murah daripada harga jasa pemasangan hardwood.

Sekarang, Anda sudah lebih memahami dan mengenali lantai kayu laminate. Selain vinyl, flooring ini seringkali diminati oleh para pemilik rumah, proyek, bisnis, dan area komersial lainnya. House of Countrywood menawarkan Anda beragam lantai laminate dengan kualitas premium dengan tipe finish atau coating yang bisa Anda pilih. 

Bila Anda menginginkan informasi lebih lanjut mengenai lantai kayu laminate, jangan ragu untuk menghubungi tim House of Countrywood sekarang juga.