Apakah Bisa Memasang Lantai Kayu pada  Dapur?
22 Oktober 2018 Admin Lantai Kayu

Apakah Bisa Memasang Lantai Kayu pada Dapur?

Lantai kayu adalah salah satu lantai idaman yang seringkali dicari. Namun apakah lantai kayu benar-benar bisa dipasang pada bagian dapur?
 
Banyak yang beranggapan bahwa keramik dan marmer adalah pilihan lantai yang paling efektif untuk dapur. Tetapi, kayu memiliki kelebihan akan kesannya yang hangat dan terlihat menyatu dengan alam, sehingga banyak orang lebih memilih kayu.
 
Seperti yang sudah Anda ketahui, lantai kayu di masa kini dapat dibagi menjadi dua, yaitu kayu asli dan tiruan. Dan dibandingkan dengan kayu solid, flooring kayu “palsu” memiliki lebih banyak keunggulan seperti biaya serta frekuensi perawatan yang lebih sedikit.
 
Kayu adalah benda alamiah yang dapat mengembang dan menyusut mengikuti turun naiknya kelembapan serta suhu. Jika kayu asli dipasang pada dapur, tempat yang penuh dengan suhu tinggi serta uap, maka hal ini dapat menjadi masalah. Jadi meskipun Anda sangat suka dengan wood flooring, lantai kayu asli bukanlah pilihan yang baik.
 
Tetapi bukan berarti semuanya mustahil. Perlu diingat bahwa kayu tiruan adalah varian yang lebih tahan banting daripada yang asli. Meskipun sama mengembang dan menyusut, tingkatnya jauh lebih rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir sama sekali.
 
Hal ini bukan berarti Anda bisa semena-mena terhadap lantai kayu tersebut. Anda tetap harus menjaga area dapur Anda tetap terhindar dari tumpahan air yang terlalu banyak. Segala tumpahan, baik itu minyak atau cairan yang bersifat asam (air jeruk nipis dan sebagainya), harus dibersihkan secepatnya. Bila tidak, maka akan timbul noda.
 
Sistem pipa ledeng dalam bangunan juga harus Anda perhatikan dan pastikan bahwa tidak ada yang bocor. Selain itu, periksa juga mesin cuci dan wastafel. Air yang merembes dalam kayu asli maupun tiruan akan membuat lantai mengembung.
 
Tetapi kabar baiknya, Anda bisa mencegah hal ini karena lantai kayu tiruan lebih mudah dipasang dan diambil sehingga Anda dapat memeriksa segala hal sebelum masalah terjadi.
 
Membersihkan lantai kayu pada dapur juga bukanlah hal yang sukar. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya dengan kain lembab secara rutin. Untuk kayu asli, maka Anda perlu melapisi ulang dengan pernis dan perawatan lainnya agar kayu tersebut terlindungi dan lebih tahan lama.
 
Cara pemasangan lantai kayu juga tergantung dari tipe dan jenis yang Anda pilih. Karena lebih mudah, Anda bahkan tidak perlu membutuhkan bantuan untuk proses instalasinya. Yang perlu diingat, Anda juga harus paham akan sistem pipa saluran air agar tidak terjadi kebocoran dan sebagainya. Bila Anda kurang paham akan rumah Anda, bantuan profesional lebih disarankan.
 
Jika Anda sedang mencari lantai kayu yang paling tepat untuk dapur hunian atau proyek Anda, House of CountryWood adalah tim yang dapat membantu Anda. Kami menyediakan segala bentuk bantuan yang Anda butuhkan agar Anda memilih flooring yang tepat.