# Foto

Lantai kayu laminate adalah salah satu pilihan populer para pemilik rumah oleh karena penampilannya yang cantik namun harganya tidak setinggi flooring kayu tradisional. Tetapi meskipun Anda sudah mendapatkan flooring yang berkualitas, laminate tersebut tetap bisa aus dan rusak. Jika Anda menemukan tanda-tandanya berikut, maka sudah saatnya memperbaiki lantai.

- Ada celah yang lebar

Bila papan-papan laminate Anda memiliki celah yang terlalu lebar, artinya papan tersebut sudah terpisah satu sama lain. Umumnya hal ini terjadi oleh karena perubahan suhu yang terlalu ekstrim. Para ahli dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

- Papan yang mencuat

Hal ini terjadi ketika papan-papan saling bertumpukan dan berdempetan sehingga menimbulkan permukaan flooring yang tidak rata dan dapat mencuat ketika dipijak. Penyebab papan yang mencuat adalah ketika papan laminate memuai namun tidak memiliki cukup ruang. Yang bisa Anda lakukan untuk masalah ini adalah memotong papan tersebut.

- Flooring yang empuk

Meski terdengar seperti hal yang baik, lantai kayu laminate yang empuk berarti papan-papannya terekspos oleh kelembapan, mengembung, dan pada akhirnya rusak. Bila hal ini sudah terjadi pada flooring Anda, yang hanya bisa Anda lakukan adalah menggantinya.

- Goresan

Umumnya laminate adalah flooring yang sangat tahan akan goresan, tetapi Anda tetap dapat menggoresnya. Untuk memperbaiki hal ini, Anda dapat menggunakan pasta khusus laminate. Namun untuk goresan yang Anda mungkin harus menghubungi para profesional supaya lantai kayu tersebut dapat dibetulkan.

Tips supaya flooring laminate Anda tidak mudah rusak

Tentunya ketika Anda membeli sebuah flooring, Anda ingin lantai tersebut tahan selama mungkin. Oleh karena itu, hal terbaik dan paling bijak yang dapat Anda lakukan adalah merawatnya dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Tips berikut dapat membantu Anda menjaga lantai agar selalu dalam kondisi prima.

1. Bersihkan dengan rutin

Kotoran dan debu dapat menggores papan Anda jika tidak segera dibersihkan. Cara paling mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan pada flooring laminate adalah membersihkannya tiap hari menggunakan sapu atau kain microfiber. Untuk area yang susah dicapai, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner dengan sikat yang paling halus.

2. Keringkan segala bentuk tumpahan

Hal yang sangat penting untuk Anda yang memiliki lantai kayu laminate adalah membersihkan atau mengeringkan segala bentuk tumpahan secepatnya. Jika terpapar oleh kelembapan, laminate dapat mengembung dan membuat flooring empuk seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika Anda membersihkan tumpahan dengan cepat, maka flooring tersebut akan tahan lama.

3. Menggunakan karpet

Menggunakan karpet atau keset pada lantai kayu laminate dapat memberikan perlindungan ekstra. Tempat yang paling baik untuk memasangnya adalah di tempat yang dekat dengan area luar seperti pintu masuk. Memasangnya di bawah perabotan Anda adalah ide yang baik juga.

Melindungi dan merawat lantai kayu laminate dengan cara yang benar dan efektif dapat mengurangi resiko kerusakan flooring Anda. mengenali tanda-tanda kerusakan sejak dini juga akan lebih menguntungkan Anda karena bisa lebih cepat dibetulkan. House of Countrywood dapat membantu Anda mendapatkan laminate berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. untuk informasi lebih lanjut atau konsultasi, hubungi kami sekarang juga!