Beberapa Fakta Tentang Dek Komposit Yang Harus Anda Ketahui
20 Agustus 2018 Admin Lantai Kayu

Beberapa Fakta Tentang Dek Komposit Yang Harus Anda Ketahui

Dek komposit (WPC)adalah jenis lantai yang sangat cocok untuk ditempatkan baik outdoor seperti teras maupun indoor seperti dapur. Lantai ini awalnya terbuat dari kayu asli, namun sekarang Anda bisa mendapatkan jenis komposit yang lebih ekonomis dan tahan lama. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dek komposit ini, simak fakta-fakta di bawah.

 

1. Dek dengan kualitas lebih tinggi akan lebih menyerupai kayu asli

Komposit yang lebih baik kualitasnya (dan biasanya lebih mahal) memiliki tekstur yang sangat menyerupai kayu. Bahkan ada juga yang memiliki warna dan corak yang berbeda-beda sehingga papan yang Anda pasang tidak seragam. Oleh karena itu, sekarang banyak yang lebih memilih dek jenis ini.

Namun yang perlu Anda khawatirkan adalah kotoran yang dapat terjebak di celah-celah tekstur tersebut, karena kotorannya cukup susah dibersihkan bahkan dengan power washer. Anda juga harus merawat komposit dengan baik oleh karena kerentanannya terhadap jamur dan noda, terutama di tempat gelap dan lembab.

 

2. Komposit lebih licin saat basah

Permukaan papan WPC dapat menjadi licin saat basah, terutama papan yang halus tanpa tekstur. Sehingga, dek yang seperti ini tidak disarankan untuk dipasang di sekitar kolam renang atau anak tangga.

Saat musim hujan, tentunya dek ini akan terus terkena air, dan resiko jatuh terpeleset akan selalu ada. Jangan pernah ragu untuk mengkonsultasikan kondisi rumah Anda kepada penjual lantai kayu dek komposit untuk mendapatkan solusi yang baik dan tepat.

 

3. Lebih mudah panas

Cukup banyak pemilik rumah yang terkejut saat mengetahui bahwa dek komposit menyerap panas matahari dengan sangat baik sehingga mereka tidak dapat duduk atau berjalan di atasnya tanpa alas kaki.

Oleh karena itu, Anda lebih baik membawa pulang sampel komposit dengan warna yang berbeda. Lalu paparkan di bawah sinar matahari langsung untuk mengetahui tingkat kepanasan yang diserapnya. Warna gelap akan menyerap lebih banyak sinar matahari dan sebaliknya. Sehingga, jika hunian Anda sering terkena matahari, lebih baik Anda memasang shading supaya tidak terlalu panas.

 

4. Anda dapat memesan dek yang diinginkan

Jika Anda membeli dek di tempat atau toko biasa, umumnya Anda hanya dapat menemukan dua atau tiga warna netral saja seperti abu-abu, beige, atau cokelat. Padahal sebenarnya Anda bisa mendapatkan tipe dek yang Anda inginkan di penjual lantai kayu yang terpercaya.

Berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu, sekarang sudah ada banyak sekali produsen dek komposit dengan corak, tekstur, dan warna yang Anda inginkan. Sehingga Anda sudah bisa lebih bebas berkreasi tanpa terhalang warna atau tipe kayu.

House of Countrywood menjual lantai kayu dek WPC berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kami memiliki beberapa varian yang dapat Anda pilih dan kami selalu sedia untuk menawarkan konsultasi dan informasi untuk Anda. Serahkan urusan dek komposit/WPC Anda kepada kami.