# Foto
Beberapa Ide atau Tips Seputar Lantai Vinyl untuk Hunian Anda

Perkembangan teknologi sudah memberikan kita berbagai macam kemudahan dalam segi apapun, termasuk flooring vinyl. Berkat teknologi, lantai kayu ini memiliki kemiripan yang luar biasa dengan berbagai jenis kayu asli. Tekstur, desain, serta finish-nya dapat disesuaikan agar menyerupai hardwood. Sehingga, pilihannya semakin tidak terbatas untuk Anda.

Apakah Anda sudah memutuskan untuk memilih lantai kayu vinyl sebagai flooring hunian tercinta? Jika iya, berikut ini adalah ide-ide yang dapat Anda gunakan. Pertama-tama, mari kita membahas pemilihan warna, tekstur, dan desain yang tepat.

Tekstur vinyl

Lantai kayu satu ini memiliki tekstur yang paling populer, yaitu yang halus dan klasik. Akan tetapi, sekarang Anda juga bisa mendapatkan flooring vinyl dengan tekstur hand-scraped atau distressed. Tiap jenis akan cocok dipasang di mana saja sesuai selera Anda.

Warna

Umumnya, warna lantai kayu yang klasik akan terlihat cantik di mana saja. Tetapi, ruangan yang berukuran besar akan lebih terlihat bagus ketika menggunakan flooring berwarna lebih gelap. Sebaliknya, jika Anda memiliki ruangan yang kecil, maka warna kayu yang lebih muda atau terang akan membuat ruang tersebut lebih luas.

Desain vinyl

Flooring ini tersedia tidak hanya dalam bentuk lantai kayu saja. Anda bisa menemukan vinyl dalam bentuk marmer, batu alam, dan metal. Yang harus Anda perhatikan adalah jika Anda memiliki ruangan kecil, menggunakan desain yang terlihat ramai malah akan membuatnya terlihat semakin sempit.

Tipe lantai kayu vinyl mana yang sebaiknya Anda pilih? Hal ini akan sangat bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. 

Vinyl biasa atau vinyl luxury (LVP)

Dibandingkan dengan vinyl standar, vinyl luxury memiliki lebih banyak lapisan yang membuat flooring ini lebih tebal dan kokoh. Oleh karena itu, LVP sangat tahan akan kelembapan, segala tumpahan, goresan, dan beban dari banyak kaki. Sehingga, vinyl yang lebih superior ini dapat Anda gunakan di mana saja.

Yang kurang dari LVP adalah harganya yang lebih mahal daripada vinyl standar. Bahkan, ada beberapa yang berkata bahwa jenis flooring ini seharga dengan hardwood yang berkualitas rendah. Bila Anda terbatas budget, maka sebaiknya Anda memilih lantai kayu vinyl yang standar saja. 

Vinyl dengan bentuk papan biasanya digunakan agar flooring tersebut terlihat lebih mirip dengan lantai kayu asli. Jenis ubin umumnya digunakan untuk menirukan lantai marmer, batu alam, atau mosaik. Bila Anda mengutamakan ketahanan akan kelembapan dan air, maka Anda sebaiknya memilih vinyl lembaran/roll. 

Ada juga tipe vinyl yang lebih jarang didengar yaitu rigid vinyl yang permukaannya jauh lebih kokoh dari vinyl standar dan memang dirancang untuk area yang seringkali dilewati orang-orang. Jika Anda jarang menerima tamu atau tinggal sendiri, tipe flooring ini tentunya tidak Anda butuhkan.

Dengan banyaknya tipe lantai kayu vinyl yang tersedia untuk Anda, tips dan ide di atas dapat membantu Anda menyempitkan pilihan Anda dan pada akhirnya, memilih jenis vinyl yang Anda inginkan. 

House of Countrywood menyediakan berbagai flooring vinyl yang dapat Anda gunakan untuk hunian Anda dan proyek lainnya. Segera hubungi tim kami untuk mengetahui pilihan lantai kayu berkualitas lainnya.