# Foto

Apakah Anda sedang berencana untuk memasang dek komposit pada proyek Anda? Tentunya terbesit beberapa pertanyaan yang Anda miliki, berikut ini adalah 5 pertanyaan umum seputar dek komposit yang dapat kami bagikan sebagai penyedia lantai kayu Jakarta berkualitas.

1. Apa bedanya dek komposit capped dan uncapped? 

Bila dibandingkan, dek komposit memiliki berbagai keunggulan daripada dek kayu asli atau timber. Yang perlu Anda ketahui, versi awal produk ini adalah uncapped, yaitu papan yang tidak memiliki lapisan protektif sehingga dek tersebut rentan terhadap noda permanen dan pemudaran warna. 

Selain itu, dek uncapped juga lebih tidak tahan terhadap jamur, lumut, dan sinar matahari. Oleh karena itu, pengembangan decking komposit sekarang menawarkan Anda pilihan papan dek capped. Dengan ini Anda tidak perlu khawatir akan masalah-masalah yang sudah disebutkan.

2. Papan dek memiliki dua jenis, yaitu grooved dan non-grooved. Apa bedanya?

Papan dek grooved memiliki semacam saluran sepanjang papan pada tiap sisinya. Saluran ini dapat membuat tiap dek dapat dipasang menggunakan pengikat dek atau klip (fastener) yang tersembunyi. 

Pertama-tama, klip tersebut diletakkan dalam salurannya, dan untuk megunci pengikatnya, sekrup dibutuhkan dan dipasang pada kayu palang untuk dijadikan pengancing. Kemudian, papan tersebut diletakkan pada tempatnya dan proses ini akan diulangi lagi hingga selesai. 

3. Bisakah saya menggunakan dek sebagai alas (substructure)?

Meski wpc adalah salah satu jenis lantai kayu Jakarta yang memiliki banyak keunggulan, Anda tidak bisa menggunakannya sebagai landasan karena sifatnya yang cenderung lentur. Namun untuk penggunaan dek indoor dan outdoor, flooring ini tetap memiliki banyak kelebihan. Jangan lupa untuk tetap memilih yang terbaik dari House of Countrywood. 

4. Berapa jarak yang tepat agar dek memiliki sistem ventilasi dan drainase yang tepat?

Jawaban pertanyaan ini sebenarnya tergantung dari tiap produsen wpc, dan kontraktor yang baik akan selalu mengerti tentang hal ini. Namun pada umumnya sisakan jarak sekitar 0.4cm hingga 0.6cm untuk menyediakan saluran pembuangan air, ventilasi, dan celah yang mudah dibersihkan bila ada kotoran yang menyangkut. 

Tergantung cuaca dan suhu saat pemasangan dek, lebar yang dibutuhkan dek untuk memuai dan menyusut akan berbeda-beda. Warna juga salah satu faktor yang mempengaruhi. Dek berwarna gelap akan memuai lebih sering daripada yang terang dan sebaliknya. Gunakan kanopi, payung, atau tirai untuk melindungi dek dari sinar matahari sebelum instalasi.

5. Bagaimana cara saya membersihkan celah buntu di sela dek?

Bila jarak tiap papan berukuran 4.8mm, maka kotoran seperti dedaunan kering, biji, dan debu dapat mengendap dan membuat celah tersebut buntu. Akibatnya, air dapat menggenang dan meresap ke dalam kotoran, dan akhirnya menjadi air berwarna yang dapat memberi noda permanen pada wpc. Selain itu, genangan air ini juga dapat menyebabkan papan dek mengembung sehingga dek Anda dapat patah dan melengkung. 

Oleh karena itu, bila Anda menemukan kotoran seperti ini, segera gunakan peralatan seperti spatula, kape, atau selang taman untuk mengambilnya. Hati-hati dalam menggunakan alat-alat ini agar Anda tidak menggores papan dek.

Konsultasikan kebutuhan lantai kayu Jakarta Anda seperti dek wpc atau produk lainnya kepada House of Countrywood. Hubungi kami segera melalui fitur chat atau kontak yang tertera di website ini. 

Untuk urusan lantai kayu Jakarta berkualitas, serahkan kepada House of Countrywood.