Bisakah Saya Memasang Lantai Kayu Murah Vinyl di Atas Flooring Lainnya?
06 Januari 2020 Admin Lantai Kayu

Bisakah Saya Memasang Lantai Kayu Murah Vinyl di Atas Flooring Lainnya?

Apa Bisa Memasang Lantai Vinyl di Atas Flooring Lainnya?

Ceritanya, Anda ingin mengganti flooring yang sudah ada dengan lantai kayu murah vinyl. Ada satu pertanyaan yang muncul, “Apakah saya bisa memasang vinyl di atas lantai ini sehingga saya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembongkaran?” Jawaban singkatnya adalah, ya, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Kriteria landasan flooring vinyl yang baik

Dalam beberapa kasus, Anda dapat langsung memasang lantai kayu murah ini di atas flooring yang sudah ada. Berbagai macam lantai dapat Anda gunakan sebagai alas vinyl, asalkan benda tersebut memiliki fitur dan sifat yang dibutuhkan untuk bisa menjadi substrat yang tepat.

Persoalan paling utama dari lantai kayu murah vinyl adalah sifatnya yang tipis, lunak, dan lentur. Oleh karena itu, flooring ini tidak bisa menutup atau merata pada alas yang tidak halus. Berbeda dengan tipe lantai yang tidak fleksibel dan tebal seperti hardwood atau kayu engineered. Dua jenis ini dapat menjembatani segala celah, lubang, dan segala ketidaksempurnaan lainnya.

Bila Anda mengabaikan landasan yang tidak baik tersebut, maka lantai kayu murah ini lama kelamaan akan mencetak berbagai bentuk cacat tersebut dan tentunya hal tersebut akan mengurangi estetika ruang secara signifikan. Bahkan, bila terdapat lubang yang besar, maka vinyl tersebut dapat melengkung ke bawah mengikuti bentuk lekuknya.

Pastikan kekokohannya

Bila Anda memiliki subfloor, maka Anda harus memastikan bahwa hal tersebut masih berada dalam kondisi yang baik. Pastikan bahwa subfloor tersebut tidak retak, pecah, berjamur, berlubang, dan sebagainya. Ketika Anda sudah memeriksa bagian ini, selanjutnya Anda (dengan bantuan kontraktor) harus menentukan apakah flooring yang ada dan subfloor ini cukup kokoh untuk dilapisi lantai kayu murah vinyl. 

Tutup segala lubang dan bagian yang tidak rata

Segala titik yang timbul atau mencuat pada substrat harus segera diratakan dan dihaluskan, dan seluruh lubang harus diisi untuk menciptakan permukaan yang mulus. Mungkin Anda beranggapan bahwa bila kedua faktor tersebut sifatnya tidak penting dan tidak akan berpengaruh banyak. 

Namun, seiring berjalannya waktu, lantai kayu murah ini semakin lama semakin melekuk-lekuk dan hal tersebut tidak hanya akan membuat Anda tidak nyaman ketika berjalan diatasnya, namun juga sangat mengurangi kecantikan flooring dan value ruangan tersebut. 

Lihat tingginya

Saat Anda memasang satu jenis lantai di atas lantai, tingginya dapat menjadi sebuah masalah. Bila flooring sebelumnya berada pada tingkat ketinggian yang cukup, apakah lantai yang akan dipasang nanti menjadi terlalu tinggi?

Namun dengan lantai kayu murah vinyl, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, flooring ini tidak tebal dan lentur. Sehingga, jika Anda memasangnya di atas lantai lain, Anda masih akan memiliki tingkat ketinggian yang cocok. 

Tipe lantai yang bisa Anda lapisi dengan vinyl

Setelah melihat kriteria-kriteria yang dibutuhkan agar Anda dapat memasang lantai kayu murah vinyl di atas flooring yang sudah Ada, pasti Anda bertanya-tanya mengenai jenis lantai apa saja yang sesuai menjadi landasan. 

Umumnya, lantai beton, laminate, vinyl (dengan ini Anda akan memiliki dua lapis vinyl yang mungkin dapat membuat kaki lebih nyaman), solid hardwood, kayu engineered, keramik, porselen, marmer, serta batu alam lainnya yang tidak memiliki celah, rata, dan halus. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai vinyl dan lantai kayu murah lainnya yang disediakan oleh House of Countrywood, hubungi kami sekarang juga!