Cara Melindungi Lantai Supaya Tidak Cepat Aus
07 Maret 2019 Admin Lantai Kayu

Cara Melindungi Lantai Supaya Tidak Cepat Aus

Salah satu hal yang mengesalkan adalah ketika Anda baru saja memasang lantai, namun dalam waktu yang singkat, Anda sudah bisa melihat beberapa bagian lantai yang aus oleh karena ketidaksengajaan atau hal lain yang membuat flooring tersebut susut lebih cepat dari waktu seharusnya.

Jika hal itu sedang terjadi atau pernah terjadi pada Anda, maka sebaiknya Anda mengetahui langkah-langkah yang dapat melindungi lantai Anda dari hal buruk.

Lantai kayu Jakarta jenis vinyl dan laminate memang tidak semerepotkan flooring hardwood. Meski begitu, Anda tidak terhindar dari resiko susut dan aus. Beberapa tips di bawah dapat membantu Anda merawat lantai lebih baik supaya flooring Anda lebih awet.

Lakukan perawatan rutin

Keunggulan memiliki lantai kayu adalah pemeliharaan yang tidak merepotkan. Anda hanya perlu menyapu, vacuum, dan mengepel dengan kain pel lembab dan air bersih. Umumnya, Anda tidak perlu menggunakan obat pel khusus kecuali lantai tersebut sangat amat kotor.

Beri pelindung lantai pada perabotan Anda

Furnitur tidak akan merusak lantai jika Anda memiliki lantai ubin keramik. Namun untuk lantai kayu, Anda pasti harus memberi perlindungan ekstra karena perabotan Anda dapat menyebabkan bengkok dan goresan sehingga flooring tersebut tidak rata. Anda dapat mencegah hal itu terjadi dengan menggunakan pelindung seperti kain flanel atau cup silikon untuk kaki kursi dan sebagainya tergantung jenis lantai dan furnitur Anda.

Gunakan keset

Salah satu cara yang paling sederhana untuk melindungi lantai kayu Anda adalah dengan menggunakan keset berkualitas baik di luar maupun di dalam ruangan. Dengan benda ini, Anda dapat mengurangi goresan serta aus pada lantai.

Keset yang ada di luar ruangan harus mampu mengangkat kotoran apapun dari yang paling ringan hingga paling berat dari sepatu atau alas kaki lain. Lalu, keset yang ada di dalam ruangan sebaiknya berukuran besar dan terbuat dari bahan yang lembut. Dengan ini, Anda memastikan bahwa sepatu tersebut sudah benar-benar kering.

Mengapa Anda harus menggunakan keset berukuran besar? Karena jika pengunjung tidak membersihkan sepatu mereka terlebih dahulu, Anda masih dapat melindungi lantai dengan efektif.

Beri karpet

Selain memasang keset, sebaiknya Anda juga memasang karpet di area-area yang paling ramai atau sering dilewati. Memang, membersihkan dan merawat karpet bukan hal yang cukup mudah, namun benda ini dapat melindungi lantai Anda dengan sangat baik. Gunakan karpet yang memiliki lapisan anti selip supaya karpet tersebut tidak berpindah-pindah.

Perhatikan binatang peliharaan Anda

Hewan peliharaan adalah salah satu penyebab ausnya lantai kayu Anda. Supaya flooring Anda tetap terjaga keawetannya, selalu pastikan bahwa kuku peliharaan Anda dipotong secara rutin. Lalu, setiap kali Anda kembali dari membawa peliharaan Anda dari luar, bersihkan kaki mereka.

Apabila Anda memiliki peliharaan seperti reptil atau burung yang memiliki bagian tubuh tajam, maka sebaiknya Anda memasang karpet atau mengganti lantai kayu Anda di area ini dengan lantai yang tidak akan tergores seperti keramik.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan seputar perawatan flooring? Atau Anda ingin informasi tentang lantai kayu Jakarta? House of Countrywood hadir untuk melayani Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk layanan lebih lanjut.