# Foto
Cara Membersihkan Lantai Kayu Dengan Bahan Alami

Mungkin Anda bertanya-tanya, “Mengapa saya harus membersihkan lantai kayu menggunakan bahan natural? Apa bedanya?” Cara membersihkan flooring tanpa menggunakan produk kimia sebenarnya adalah metode yang lebih lembut dan baik untuk hunian serta lingkungan anda.
 
Sebaliknya, bahan kimia dapat menjadi polusi dan juga dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi yang dapat mengganggu aktivitas. Tidak adanya jejak bahan kimia pada rumah atau bangunan Anda akan mengurangi resiko masalah pada pernafasan oleh karena menghirup zat-zat yang berpotensi beracun.
 
Selain itu, bahan-bahan alami tersebut juga relatif lebih murah atau sangat mudah ditemukan (dan Anda dapat membuatnya sendiri) daripada pembersih lantai kayu kimia. Berikut ini contohnya.
 
 

Teh hitam atau teh biasa

Tidak hanya manusia saja, lantai kayu juga menyukai minuman ini. Yang dapat Anda lakukan adalah mengisi baskom dengan 1,5-2 liter air panas, lalu tambahkan 10 kantong teh dan biarkan selama 5-10 menit.
 
Setelah itu, bersihkan seluruh lantai kayu menggunakan spons atau kain microfiber yang sudah dicelupkan pada teh dan diperas (jangan lupa untuk memerasnya untuk menghindari noda air). Teh adalah bahan yang mengandung tannin (tannic acid) yang dapat menghilangkan kotoran namun tetap memberikan kilau pada lantai kayu. 
 
Perlu diingat bahwa sebaiknya jangan membersihkan kayu menggunakan teh terlalu sering, kecuali lantai kayu Anda terbuat dari vinyl.
 
 

Cuka putih dan minyak sayur

Campurkan cuka putih dan minyak sayur dalam takaran yang sama pada sebuah botol spray dan gunakan langsung pada lantai kayu Anda. Lalu, bersihkan menggunakan kain lembut dengan gerakan memutar. Gunakan kain bersih lainnya untuk mengelap flooring hingga benar-benar bersih dan kering. Pastikan Anda menyapu lantai sebelumnya.
 
 

Air lemon, minyak zaitun, dan air

Mungkin Anda sudah tahu segala buah-buahan yang mengandung asam sitrat seperti lemon. Sebenarnya, asam sitrat adalah bahan pengawet alami yang tidak memiliki kandungan kimia yang banyak. Ketika Anda mencampurnya dengan air, maka Anda sudah menciptakan desinfektan yang sangat baik.
 
Untuk pembersih lantai kayu alami, tidak menyebabkan iritasi, dan tidak terlalu mahal, campurkan air lemon, air dalam takaran yang sama dan sedikit minyak zaitun supaya lantai Anda tidak hanya bersih namun juga tetap berkilau indah.
 

Air, cuka putih, baking soda, dan sabun cair

Apabila lantai kayu Anda memiliki noda, maka campuran ini efektif untuk menghilangkannya. Campurkan secangkir air dan sabun cair, dua cangkir baking soda, dan beberapa tetes cuka air. Ketika Anda pertama kali mencampurkan bahan-bahan ini, akan ada reaksi kimia yang berbusa, dan Anda tidak perlu khawatir. 
 
Kandungan asam asetat yang ada pada cuka akan bereaksi pada baking soda, membentuk asam karbonat yang merupakan senyawa efektif untuk menghilangkan kotoran. Gunakan spons untuk menghilangkan noda membandel.