# Foto

Parket adalah salah satu jenis lantai yang akan selalu terlihat cantik, mewah, dan menawan sejak pertama kali digunakan di tahun 1600-an hingga sekarang. Desain interior apapun akan selalu terlihat serasi dengan lantai parket. Flooring ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. 

Ditambah dengan perawatan yang tepat, parket tersebut akan dapat selalu terlihat baru. Tentunya ketika Anda mendapati lantai yang sudah kusam dan tidak terlihat menarik maka Anda tidak akan merasa terkesan, bukan? Jadi, flooring parket yang mulus, bersih, dan berkilau (sesuai tipe finish yang Anda pilih), seluruh ruangan akan terlihat cantik.

Tergantung bahan parket yang Anda miliki, terkadang lantai parket membutuhkan pembersihan khusus seperti pengamplasan ulang dan pemberian pernis yang baru. Ada juga yang tidak memerlukan pemeliharaan tersebut, namun jika Anda merawat segala jenis parket dengan baik secara rutin, maka flooring tersebut akan senantiasa terlihat indah.

Untuk lantai parket yang tidak terbuat dari kayu asli, membersihkan dan merawat flooring tersebut adalah hal yang tidak sulit dan tidak memerlukan jasa profesional. Dimanapun Anda memasang parket, tips-tips berikut dapat membantu Anda membuat lantai ini selalu tampak baru dan menawan. 

Yang pertama, gunakan sapu kain dan vacuum cleaner pada lantai secara rutin untuk menghilangkan segala kotoran, remah-remah sisa makanan, dan debu. Bila diperlukan, gunakan produk-produk pembersih yang dirancang khusus untuk lantai parket agar kilaunya tidak hilang namun tetap bersih. Hindari menggunakan produk serta alat pembersih yang kasar mengandung bahan kimia karena parket tersebut dapat terkikis atau rusak.

Lantai parket yang masih mengandung elemen kayu dapat menyerap kelembapan dan bila dibiarkan terus menerus, akan timbul kerusakan. Oleh karena itu, pastikan flooring Anda tetap kering dan jika memungkinkan, atur lembab tidaknya ruangan. Segera bersihkan dan keringkan cairan apapun yang tertumpah.

Hindari ruangan yang terlalu lembab, terutama di area seperti dapur atau kamar mandi. Jika Anda sedang memasak, buka jendela atau gunakan exhaust yang bekerja dengan baik. Anda juga bisa menggunakan dehumidifier supaya udara dalam ruang tidak terlalu lembab.

Menggunakan alat pembersih uap juga bukanlah hal yang baik untuk lantai parket. Memang, alat ini hanya menggunakan sedikit uap saja, namun salah satu komponen penting untuk memasang parket adalah perekat. Karena papan parket pada umumnya tipis dan menggunakan perekat yang cukup banyak, panas dari alat uap tersebut dapat melemahkan perekat tersebut.

Selain itu, lindungi area-area yang sering dilewati seperti teras, ruang tamu, atau lorong dengan meletakkan karpet di atas flooring. Ketika mengepel lantai, lebih baik Anda menggunakan air yang sudah disuling untuk menghindari penumpukan mineral pada lantai.

Parket adalah flooring yang indah dan menarik. Jika Anda membersihkan, merawat, dan memelihara lantai parket tersebut, maka waktu Anda menikmati flooring tersebut akan semakin lama dan penampilannya akan selalu terlihat seperti Anda baru saja memasangnya. 

Bila Anda memiliki pertanyaan seputar lantai parket apa yang sebaiknya Anda pasang di proyek atau hunian Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim House of Countrywood sekarang juga. Kami juga melayani Anda dalam informasi-informasi lainnya yang mungkin belum Anda temukan pada halaman blog kami. Kami tunggu kontak dari Anda!