# Foto
Cara Memilih Lantai Kayu Laminate yang Sesuai Untuk Anda

Laminate adalah salah satu pilihan lantai kayu yang terjangkau namun tetap berkualitas dan tahan lama. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menemukan dan memilih lantai laminate yang paling sesuai dan pas untuk Anda.

 

- Pilih style lantainya

Ada dua tipe lantai laminate yang tersedia, yaitu plastik dan engineered. Semuanya memiliki bentuk plank dan berukuran kurang lebih sama. Bedanya adalah, kayu engineered memiliki lapisan terbuat dari kayu asli yang berada di bawah dan di atas untuk stabilitas.

Meskipun lapisan kayu pada lantai kayu engineered yang atas lebih tipis, kualitasnya tetap tinggi dan pada umumnya dilapisi dengan akrilik. Sedangkan laminate plastik benar-benar hasil tiruan. Lapisan melamin di bawah, fiberboard di tengah, dan lapisan yang menyerupai kayu di paling atas dan dilapisi dengan plastik keras.

Jika Anda lebih menginginkan lantai kayu yang terlihat natural, maka engineered adalah tipe yang lebih cocok. Tentunya harganya lebih mahal daripada laminate plastik dan bisa mencapai dua kali lipat. Namun Anda dapat menjual rumah berlantai ini dengan harga yang lebih mahal juga oleh karena bentuk kayunya yang nampak asli.

Namun kayu asli ini menyebabkan lantai engineered lebih rentan terhadap goresan, noda, dan lekukan. Tetapi Anda dapat memperbarui lantai ini tiga kali sehingga lebih tahan lama daripada laminate plastik. Yang jelas, tempatkan lantai ini jauh dari area yang sering terkena air atau beban berat.

Lain halnya dengan laminate plastik, Anda dapat memasangnya pada area yang sering terkena air bahkan basah atau tempat yang memiliki banyak beban. Lapisan atasnya yang keras dan komponen lainnya yang terbuat dari plastik membuat lantai ini sangat kuat dan awet.

Lantai kayu ini lebih tahan kelembaban, goresan, dan kotoran atau pasir daripada engineered. Berkat teknologi yang semakin maju, Anda bisa mendapatkan laminate plastik dengan lapisan atas yang sangat mirip dengan kayu. Banyak orang yang masih tidak bisa membedakan mana yang asli dan mana yang tiruan.

 

- Jangan melupakan alasnya

Semua lantai kayu laminate membutuhkan alas foam dan step ini sangat tidak dianjurkan untuk dilewati. Guna alas ini adalah supaya kayu tidak menyentuh lantai ketika Anda berjalan diatasnya dan membuatnya lebih lunak. Selain itu, proses instalasi juga akan lebih mudah karena alas ini menyamaratakan lantai asli.

 

- Pilih lapisan penutup (finish) yang cocok dengan lifestyle Anda

Apabila kehidupan dan lifestyle Anda selalu tenang dan tenteram, Anda memiliki kebebasan memilih finish lantai kayu Anda. Sebaliknya, bila rumah Anda ditempati oleh anak-anak, binatang peliharaan, dan banyak tamu, maka Anda harus lebih berhati-hati.

Lantai kayu dengan lapisan penutup yang tidak terlalu berkilau atau matte dan corak kayu yang lebih beragam akan terlihat lebih baik dan bersih untuk kondisi rumah yang ramai. Finish yang glossy dan corak kayu yang lebih monoton akan lebih cocok untuk rumah yang tenang.

Sudah menemukan lantai laminate yang paling sesuai untuk hunian tercinta? Jika Anda masih ragu dan membutuhkan konsultasi atau informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim House of CountryWood sekarang juga.