# Foto
Cara Untuk Membuat Lantai Kayu Anda Tidak Licin

Lantai kayu adalah pilihan flooring yang membuat hunian Anda terasa lebih nyaman dan mewah. Namun sayangnya lantai jenis ini seringkali terasa licin dan sering membuat kita atau anak-anak terjatuh. Lalu bagaimana cara supaya lantai tidak lagi licin?
 
 

Pilih finish yang tepat

Daya tahan lantai kayu Anda akan sepuluh kali lebih lama ketika Anda merawatnya dengan baik, termasuk atau memberi lapisan penutup atau finish. Tiga jenis finish yang paling populer adalah pernis, lilin, dan minyak. Saat Anda mengetahui tiap tipe, Anda akan memiliki gambaran tentang finish mana yang membuat lantai Anda tidak terlalu licin.
 
 
Pernis atau lilin juga dapat Anda gunakan untuk memberi lapisan pelindung yang lebih terjangkau namun tetap terlihat cantik. Cocok sekali Anda gunakan pada area ramai seperti ruang tamu atau lorong. Dibandingkan dengan minyak, kedua hal ini lebih tahan akan goresan. Namun dalam segi anti selip, lilin dan pernis bukanlah pilihan yang cocok.
 
 
Lapisan penutup yang terbuat dari minyak meresap ke dalam kayu lebih dalam. Sehingga, kayu tersebut bisa “bernafas” dan mengembang atau mengerut lebih bebas oleh karena perubahan cuaca serta suhu. Kayu tersebut juga bisa melentur dengan tapak kaki yang berat sekalipun.
 
 
Biasanya, kayu yang dipoles dengan finish ini dikategorikan sebagai lantai kayu yang tidak licin. Bila Anda memiliki anak kecil di rumah, Anda tidak perlu khawatir akan lantai yang membuat anak terpeleset dan jatuh. Situasi cenderung aman terkendali.
 
 
Meski begitu, lantai kayu dengan lapisan minyak juga harus tetap diperhatikan. Furnitur, sepatu, dan benda-benda lainnya akan tetap menyentuh lantai ini. Sehingga, Anda tetap harus merawat kayu tersebut (pengamplasan dan pemolesan kembali) untuk menjaga sifat anti selipnya.
 
 

Cara lainnya

Selain memilih jenis finish, tentunya ada cara lain supaya lantai kayu Anda tidak terlalu licin. Yang paling pertama, meskipun terdengar sangat jelas, mengganti sepatu adalah solusi yang termudah. 
 
 
Apabila Anda menggunakan sepatu atau sandal di dalam rumah, maka pilihlah alas kaki yang memiliki sol karet. Kaus kaki, foam, eva, atau sepatu hak pada umumnya akan lebih licin. Anda juga bisa memberi lapisan seperti karpet di beberapa tempat yang terasa licin.
 
 
Anda juga dapat memberikan lapisan ekstra yang anti licin pada lantai kayu hunian Anda. Produk seperti ini biasanya harus dilapiskan dua kali secara tipis-tipis. Masing-masing llapisan harus dibiarkan kering selama 10 jam dan warna kayu Anda harusnya tidak berubah.
 
 
Menjaga lantai Anda supaya tetap bersih juga efektif untuk menjaga lantai Anda tetap kesat. Menyapu secara rutin akan mengurangi tumpukan kotoran seperti debu, tanah, rambut, dan bulu binatang peliharaan yang dapat membuat lantai manapun menjadi lebih licin.
 
 
Yang terakhir, Anda juga dapat memilih jenis lantai kayu lainnya. Bila Anda tidak yakin mana yang harus dipilih, tim House of CountryWood dapat membantu Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada kami.