Di Antara Vinyl Luxury dan Laminate, Mana yang Harus Dipilih?
06 Maret 2020 Admin Lantai Kayu

Di Antara Vinyl Luxury dan Laminate, Mana yang Harus Dipilih?

Dua jenis lantai kayu murah ini hampir sama satu dengan yang lain. Lalu sebaiknya mana yang harus dipilih? Mari kita membahasnya bersama-sama.

Harga

Faktor ini sangat penting ketika kita sedang mencari dan ingin berinvestasi pada flooring. Meski mencari lantai kayu murah adalah prioritas, penting juga untuk mempertimbangkan berbagai hal, termasuk kelebihan dan kekurangan serta bahan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Lifestyle, kepraktisan, dan selera juga patut masuk dalam pertimbangan selain harga.

Laminate adalah lantai kayu murah alternatif hardwood yang tetap memberikan rupa atau estetika yang sama. Dibandingkan dengan laminate, vinyl luxury adalah pilihan yang harganya sedikit lebih tinggi, namun tetap lebih ekonomis dibandingkan solid wood.

Waterproof

Jika fitur ini adalah hal yang penting, maka House of Countrywood menyarankan untuk memilih vinyl atau luxury vinyl. Lantai kayu murah ini dapat dipasang pada tempat yang basah seperti dapur dan kamar mandi.

Sedangkan, laminate adalah lantai kayu murah yang sifatnya hanya water-resistant. Oleh karena itu, flooring ini tidak dapat dipasang pada kamar mandi, namun masih bisa digunakan pada dapur atau area yang tumpahan cairannya tidak terlalu banyak. Untuk yang tidak mencari fitur flooring yang waterproof, maka laminate dapat menjadi pilihan yang baik.

Daya tahan dan service life

Memilih flooring yang tepat adalah sebuah investasi, dan kita tentunya ingin mendapatkan yang terbaik ketika sudah mengeluarkan sejumlah biaya. Seperti yang sudah dicerminkan melalui perbedaan harganya, vinyl luxury adalah pilihan yang lebih tahan lama, dengan service life sekitar 20 tahun (ketika dirawat dan dipelihara dengan baik).

Laminate adalah lantai kayu murah yang memiliki daya tahan yang baik juga, namun life span flooring ini lebih pendek, yaitu maksimal 15 tahun. Akan tetapi, keduanya dapat menampung cukup banyak foot traffic, tergantung jenisnya (grade komersial atau tidak). Dan dengan perawatan yang baik, semua jenis lantai pasti dapat dinikmati dalam waktu yang lama.

Apa itu vinyl luxury?

Berbeda dengan lantai kayu murah vinyl standar yang bentuknya lembaran atau roll, flooring ini bentuknya papan. Vinyl sheet membutuhkan pemotongan dan pengukuran yang sangat tepat untuk mengurangi adanya celah. Keduanya memiliki empat lapisan, namun yang membuatnya berbeda adalah ketebalan lapisannya. Vinyl luxury memiliki layer yang jauh lebih tebal, menjadikannya tahan lebih lama.

Apa itu laminate?

Flooring ini sangat sesuai ketika dipasang di ruang keluarga atau area yang memiliki banyak perabotan karena lantai kayu murah ini memiliki fitur scratch-resistant atau daya tahan terhadap goresan. Oleh karena itu, lantai ini juga dapat dipasang di ruang bermain anak-anak yang terdapat banyak mainan yang tergeser kesana kemari. Lalu, untuk masalah kebersihan, flooring ini juga sangat mudah dibersihkan, memudahkan aktivitas sehari-hari.

Setelah mengerti perbedaannya, langkah selanjutnya adalah memilih produk yang tepat. Pilih lantai kayu murah yang berkualitas bersama House of Countrywood. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.