Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Subfloor
09 Juli 2019 Admin Lantai Kayu

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Subfloor

Subfloor adalah alas atau dasar lantai yang berfungsi untuk memberi flooring sebuah pendukung dan/atau pelindung. Mungkin Anda berpikir bahwa subfloor di Indonesia tidak dibutuhkan, padahal, meski jarang dikenal, hal tersebut dapat membuat flooring jadi lebih rata, stabil, dan kokoh. 

Garis yang ada pada lantai ubin atau papan kayu asli dapat membuat permukaan tidak rata untuk flooring yang baru, sama seperti permukaan dasar flooring semen yang bisa tidak sama ratanya. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menambahkan sesuatu supaya semua menjadi rata.

Untuk subfloor yang terbuat dari semen, sebaiknya Anda menghindari segala bentuk flooring yang menggunakan sistem tempel kecuali Anda dapat meratakan permukaannya. Selain itu, untuk lantai yang harus dipaku, sebaiknya Anda juga memberikan subfloor kedua yang terbuat dari plywood. 

Anda juga dapat menggunakan ubin keramik sebagai subfloor, akan tetapi sebaiknya Anda menghindari metode instalasi tempel yang menggunakan lem perekat dan tidak memaku atau staples flooring. Untuk subfloor ini, gunakan flooring yang menggunakan sistem kunci saja. Jika Anda memiliki lantai keramik dan sudah memilih lantai yang harus ditempel atau dipaku, lebih baik Anda melepas ubin tersebut. 

Bila Anda memiliki subfloor kayu, Anda memiliki keuntungan karena lantai dasar ini lebih mudah dipasangi flooring kayu, termasuk lantai kayu murah seperti vinyl atau laminate. Memang ada beberapa subfloor kayu yang bermasalah, namun Anda dapat menggunakan bahan yang dapat meratakan permukaannya dan mengisi lipatan serta segala kekosongan subfloor. Dengan ini, Anda dapat memasang flooring dengan mudah dan hasilnya akan lebih baik.

Apakah Anda harus menggunakan subfloor khusus untuk flooring vinyl? Lantai kayu murah ini tidak harus Anda lengkapi dengan subfloor khusus. Namun, untuk daerah-daerah yang lembap dan sering terkena air, banyak pakar yang menyarankan Anda untuk memasang lapisan vapor barrier (pelindung uap dan kelembapan) untuk vinyl berbentuk papan.

Vapor barrier adalah lapisan tambahan yang bertugas untuk menjembatani dan melindungi lantai dari subfloor serta mendukung papan lantai kayu murah vinyl untuk bisa tetap kokoh. Tak hanya itu saja, papan vinyl tersebut akan dapat memuai dan menyusut karena perubahan suhu dan kelembapan dengan lebih baik . 

Hal ini juga dapat memberi perlindungan ekstra apabila terdapat rembesan atau bocoran air di bawah papan vinyl tersebut. Memang benar bahwa lantai kayu murah vinyl sifatnya tahan air, akan tetapi jika papan tersebut sering terkena air, maka jamur dan lumut dapat bersarang di flooring Anda.

Produsen lantai kayu murah yang berkualitas akan selalu memberikan produk yang sudah diberikan perlindungan ekstra, jadi meskipun Anda tidak memiliki vapor barrier atau pelindung tambahan lainnya, flooring Anda akan tetap aman selama bertahun-tahun. 

Oleh karena itu, pastikan Anda hanya membeli dari produsen atau distributor terpercaya dan jangan ragu untuk membaca aturan dan syarat-syarat pemasangan flooring dari produsen sebelum Anda memasang lantai tersebut agar terhindar dari masalah. Supaya proses instalasi lantai berjalan mulus dari awal hingga akhir, gunakan jasa dari para ahli.

Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar lantai kayu murah dan produk lainnya dari House of Countrywood serta instalasi flooring, segera hubungi tim kami.