Hal-hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Kepada Lantai Vinyl
02 Agustus 2019 Admin Lantai Kayu

Hal-hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Kepada Lantai Vinyl

Memiliki lantai kayu murah vinyl memang terdengar mudah karena Anda tidak perlu merawatnya dengan penuh hati-hati seperti kayu asli. Akan tetapi, lebih baik Anda merawatnya supaya flooring tersebut bisa lebih tahan lama. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan dan tidak pada vinyl. 

Yang sebaiknya Anda lakukan

1. Menyapu dan menggunakan vacuum cleaner dengan rutin. Menyapu lantai setiap hari akan menjaga flooring tetap bersih dan menghindari alergen seperti debu dan kulit mati dari binatang peliharaan yang mungkin jatuh.

2. Gunakan obat pembersih yang tepat. Bila Anda tidak yakin akan produk yang harus digunakan, Anda bisa bertanya pada produsen flooring tersebut. Jika Anda adalah orang yang peduli akan lingkungan atau tidak ingin menggunakan banyak bahan kimia, maka Anda bisa menggunakan teh.

Tidak hanya untuk diminum saja, teh dengan jenis apapun, kecuali teh susu, dapat Anda gunakan untuk membersihkan vinyl. Caranya sama ketika Anda menyeduh teh, akan tetapi, hindari menuangkan air panas pada flooring. Lebih baik tunggu hingga seduhan teh tersebut sudah dingin.

Yang sebaiknya tidak Anda lakukan

1. Membiarkan tumpahan di atas flooring terlalu lama. Meski vinyl sifatnya tahan hair, Anda tidak seharusnya membiarkan cairan berada di atasnya terlalu lama. Cairan tersebut dapat merembes dan masuk melalui potongan atau batasan yang mungkin dapat merusak subfloor. Bila Anda menggunakan perekat pada lantai kayu murah ini, maka cairan tersebut dapat melemahkan lem sehingga flooring tidak lagi kokoh.

2. Menggunakan bahan kimia yang keras. Obat pemutih dan aseton adalah pembersih yang sangat buruk untuk lantai kayu murah vinyl. Kedua hal tersebut akan mengikis lapisan vinyl yang paling atas sehingga lapisan dekoratifnya (yang mengimitasi kayu) akan terkikis dan rusak. 

Umumnya, orang-orang yang tidak tahu tentang obat pembersih yang benar untuk vinyl akan menggunakan pemutih tersebut. Memang, obat ini sering digunakan oleh karena sifatnya yang dapat mensterilkan banyak hal. Namun ketika flooring vinyl dibersihkan atau dipel menggunakan pemutih, vinyl tersebut dapat terlepas.

Apabila lantai kayu murah vinyl tersebut sudah mulai terlepas dan tidak dapat diselamatkan, maka ada dua hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah tidak ada pernis atau pelapisan ulang yang dapat menyatukan lapisan permukaan vinyl tersebut kembali. Lalu, jika vinyl Anda roll, Anda harus melepas seluruhnya dan memasang yang baru kembali.

Tetapi jika Anda memiliki vinyl plank atau papan, maka Anda cukup perlu mengganti yang rusak saja tanpa harus melepas semua papan lantai kayu murah ini. Anda memang bisa memasang papan itu sendiri, namun untuk hasil yang rapih dan tidak memakan waktu Anda, sebaiknya gunakan jasa pemasang lantai profesional.

Apakah Anda masih menginginkan informasi seputar vinyl atau lantai kayu murah lainnya? Tim House of Countrywood akan dengan senang hati menjawab segala pertanyaan dan konsultasi Anda. House of Countrywood akan selalu menyediakan Anda layanan premium serta produk-produk yang berkualitas namun dengan harga terjangkau.