Jawaban House of Countrywood untuk Beberapa Pertanyaan Seputar Laminate
26 Agustus 2023 Admin Lantai Kayu

Jawaban House of Countrywood untuk Beberapa Pertanyaan Seputar Laminate

Sebagai penyedia flooring kayu berkualitas, House of Countrywood juga menawarkan laminate untuk proyek Anda. Namun bagi Anda yang masih belum terlalu memahami lantai ini, tentu masih ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Mari kita membahasnya.

Seberapa besar ukuran papan yang harus saya gunakan di ruangan tertentu?

Untuk jawaban yang lebih akurat, hal ini dapat dijawab oleh desainer interior yang Anda percaya. Namun umumnya, semakin besar ruangannya maka semakin lebar juga ukuran papan laminate yang sebaiknya Anda gunakan. 

Kami menyarankan Anda menggunakan papan berukuran 7,5cm hingga 12,5cm pada ruangan yang cenderung kecil agar area tersebut dapat terlihat lebih luas. Sedangkan, area lebar akan terlihat seimbang ketika menggunakan papan berukuran 15cm hingga 20 cm. 

Jika Anda menggunakan papan kecil pada ruangan lebar, area tersebut akan terlihat ramai dan padat. Sebaliknya, bila Anda menggunakan papan lebar pada ruangan kecil, hal tersebut dapat membuatnya terasa sempit. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ukuran laminate yang kami miliki, Anda bisa menanyakannya kepada House of Countrywood. 

Apa yang dapat terjadi pada laminate yang tidak memiliki celah ekspansi?

Pemasangan laminate yang tidak baik adalah instalasi yang tidak menyisihkan jarak untuk ekspansi. Artinya, lantai tersebut tidak memiliki cukup ruang untuk memuai dan menyusut mengikuti perubahan suhu. 

Karena flooring ini bersifat floating (tidak dipaku atau direkatkan), tiap papannya akan menyusut ketika cuaca sedang dingin dan memuai ketika suhu memanas. Oleh karena itu, celah ekspansi sekitar 0.5cm hingga 1.3cm adalah hal yang penting. Jika tidak, laminate tersebut akan melengkung. 

House of Countrywood menyarankan Anda untuk menggunakan jasa kontraktor agar proses pemasangan tidak memakan banyak waktu Anda dan hasilnya memuaskan serta tahan lama.

Apakah saya bisa menggunakan sealant untuk membuat laminate tahan air?

Tidak seperti yang Anda kira, laminate adalah flooring yang tidak waterproof. Apakah Anda bisa mengakali hal ini dengan menggunakan sealant? Tergantung. Bila Anda memasangnya ke seluruh permukaan, hal tersebut malah akan merusak lapisan tersebut dan membatalkan garansi produk.

Untuk flooring waterproof namun masih terlihat seperti hardwood, House of Countrywood menyarankan untuk menggunakan vinyl. Kami menyediakan banyak varian lantai ini yang sesuai dengan segala kebutuhan Anda. 

Bolehkan saya memaku laminate?

Laminate adalah flooring yang sangat serupa dengan hardwood, sehingga sebagian dari Anda dapat memiliki pertanyaan ini. Namun seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, lantai ini bersifat floating, yaitu pemasangannya menggunakan sistem kunci. 

Seperti yang sudah House of Countrywood jelaskan, setiap papan laminate membutuhkan ruangan untuk memuai dan menyusut, sehingga jika pemasangannya menggunakan paku, hal tersebut akan merusak lantai dan membuat garansi produk tidak berlaku. Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, terdapat pengecualian.

Bisakah saya memasang laminate pada tangga atau tiap anak tangga?

Hal inilah pengecualian tersebut. Jawaban pertanyaan ini adalah ya, Anda bisa melakukan hal tersebut. Hanya saja, karena tangga seringkali dilewati dan memiliki foot traffic yang banyak, Anda harus memasangnya menggunakan perekat. 

Sehingga, berbeda dengan pemasangan flooring ini pada umumnya yaitu menggunakan sistem kunci, pastikan kontraktor Anda merekatkannya agar tidak timbul masalah-masalah atau bahkan kecelakaan.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan mengenai laminate? Hubungi House of Countrywood sekarang juga dan biarkan kami membantu Anda secepatnya.