Kalau Mau Pasang Lantai Parket, Apa Saja Ya Pertimbangannya?
03 Juni 2022 Admin Lantai Parket

Kalau Mau Pasang Lantai Parket, Apa Saja Ya Pertimbangannya?

Lantai parket laminate mampu merubah dan transformasi ruangan manapun dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau. Seperti yang sudah sering kita bahas sebelumnya, flooring ini memiliki feel, shape, dan look yang sama dengan hardwood atau kayu asli, tetapi lebih tahan goresan, lekukan, dan perubahan warna.

 

Nah, tetapi, apa saja yang harus dipertimbangkan saat kamu ada pikiran untuk mendapatkan laminated floor? 

Ketebalan lantai parket

Maksud dari ketebalan adalah flooring ini adalah ukuran dari layer teratas hingga terbawah dari tiap papan, yang biasanya diukur dalam milimeter. Umumnya, opsi yang bisa kamu pilih dimulai dari 6-12 mm. 

 

Sebenarnya, thickness atau ketebalan dari laminate tidak selalu menjamin durability flooringnya. Tapi, parket yang tiap papannya lebih tebal dari standard minimum, misalnya produk kami yang berukuran 8.3mm, tetap bisa memberikanmu beberapa keunggulan. Contohnya:

  • Feel yang sangat terasa seperti hardwood
  • Tidak memantulkan suara, sehingga lebih tenang dan bisa menjadi sound barrier
  • Lebih tebal berarti lebih tahan dengan benturan atau furniture yang agak berat
  • Desain dan detail yang lebih baik, sehingga bisa makin mirip dengan kayu asli
  • Proses pemasangan yang lebih mudah dan cepat, karena papan parket tebal bisa menyembunyikan permukaan lantai sebelumnya yang tidak rata. Tetapi, semakin tidak rata flooringnya, instalasinya bisa tidak lancar dan hasilnya kurang baik.

Tekstur dan feel

Hal ini bermaksud bagaimana feel yang kaki kita rasakan saat kita berjalan atau memijak lantai parket itu. Laminate memiliki banyak variasi dan dengan tipe finish yang berbeda untuk menirukan kayu asli. 

 

Ada yang urat kayunya sangat terlihat dan bisa kita rasakan, ada juga yang lebih tidak terasa atau kentara. Fitur ini sebenarnya kosmetik imitasi saja dan  bisa kamu sesuaikan dengan selera dan keinginanmu.


Seberapa sering kamu membersihkan dan memeliharanya

Banyak sekali yang memilih laminate parquet karena kemudahannya dalam hal maintenance dibanding hardwood. 

 

Tapi tetap saja, kita harus membersihkan flooring ini secara rutin. Supaya, kita bisa menikmatinya dalam waktu lebih lama dan lantai tersebut tidak gampang tergores akibat banyaknya kotoran di permukaannya.

 

Perlu diingat, laminate bukanlah tipe flooring yang 100% waterproof.  Bagi kamu yang lebih suka mengepel lantai tiap hari seperti kita mengepel lantai keramik, sebaiknya kamu tidak memilih parket.

 

Sehingga, jika kamu menginginkan lantai kayu di tempat lembap atau basah dan kamu lebih suka mengepel lantai, sebaiknya pilih saja lantai vinyl dari House of Countrywood yang tidak kalah cantik dan menawan.

Oke, aku mau beli!

Tunggu dulu! Sebelum kamu membeli lantai parket, sebaiknya kamu visit House of Countrywood atau paling tidak request sampel dulu. Dengan itu, kamu bisa melihat dan merasakan sendiri produk-produk kami dan pada akhirnya lebih mantap dengan keputusanmu.

 

Juga perlu diingat bahwa sebaiknya kamu juga memahami ukuran ruangan yang ingin kamu bangun atau renovasi. Sehingga, kamu mengerti kebutuhan lantaimu dan dapat menentukan budget dengan lebih mudah. 

 

Jadi, kalau kamu sudah yakin dengan pilihanmu, langsung saja hubungi tim House of Countrywood sekarang! Dengan senang hati, kami akan menjawab pertanyaanmu dan membantumu mendapatkan lantai terbaik.