# Foto
Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket yang Harus Anda Ketahui

Seperti yang sudah Anda ketahui, lantai parket pada era sebelumnya dipandang sebagai suatu simbol atau tanda kekayaan seseorang. Karena pada jaman dahulu, parket dibuat dengan cara memotong kayu dan memolesnya secara manual, lalu memasangnya dengan pola geometris yang cantik, unik, dan artistik.

Seiring waktu berjalan, banyak hal yang juga ikut berubah. Semakin lama, banyak orang semakin sering menemukan lantai parket. Sehingga, sesuatu yang sebelumnya merupakan barang mahal menjadi murah dan makin mudah dicari. Ditambah dengan adanya alternatif kayu asli seperti vinyl dan laminate, semakin banyak yang dapat membeli lantai ini.

Sekarang, Anda bisa mendapatkan flooring ini pada hunian maupun tempat bisnis atau kantor. Apa saja kelebihan dan kekurangan lantai ini?

Kelebihan lantai parket

Parket masih tetap menjadi flooring populer tidak hanya karena pola dan penampilannya saja, namun juga kesan nostalgia yang dapat ditimbulkan oleh tipe flooring ini. Sehingga, banyak sekali orang yang tinggal di rumah modern beberapa dekade yang lalu menggandrungi lantai ini. Di era sekarang, orang-orang memandang parket sebagai flooring retro yang mengingatkan mereka akan tahun 1970-1980.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan lantai berpola unik, tidak melulu herringbone atau chevron saja. Lantai parket yang Anda temukan sekarang sudah diproduksi sedemikian rupa untuk bisa memberikan Anda berbagai keunggulan. Misalnya, Anda tidak harus memilih tipe kayu yang itu-itu saja seperti oak atau maple. Anda bisa memilih jenis kayu eksotis dan langka dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kelebihan lainnya adalah mudahnya proses pemasangan lantai ini. Berbeda dengan jaman dahulu, Anda bisa memasang parket hanya dengan menggunakan perekat tanpa paku dan palu. Ada perekat yang dapat bekerja dalam waktu satu jam, sehingga Anda dapat menyesuaikan atau mengepaskan papan parket untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Tak hanya itu juga, Anda dapat menikmati lantai tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Apabila Anda memiliki jiwa seni atau kreativitas yang tinggi, maka parket memang sangat sesuai dengan selera Anda. selain karena polanya, tipe flooring ini memiliki banyak warna dengan tipe finish yang berbeda-beda. Tidak memiliki jiwa seni? Tak masalah. Lantai parket merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai desain interior bergaya mid-century modern.

Kekurangan lantai parket

Pada dasarnya, flooring ini memiliki kelemahan ketika bahannya adalah kayu asli atau jenis lantai yang mengandung lebih banyak kayu. Bila parket yang Anda beli terbuat dari kayu asli, Anda tidak bisa memasangnya di tempat-tempat yang lembab seperti ruang bawah tanah. Parket kayu asli juga tidak dapat sering-sering dipoles ulang karena potongannya yang tipis. Pemilik flooring ini harus benar-benar berhati-hati ketika ingin mempercantik ulang lantainya.

Kekurangan lain dari lantai parket adalah selera. Tidak semua orang menyukai pattern atau pola flooring ini sehingga bila Anda ingin menjual properti, Anda harus mencari pembeli yang tepat atau menggantinya.

Masih memiliki pertanyaan mengenai lantai parket? Jangan tunggu lebih lama lagi untuk menghubungi tim House of Countrywood. Kami selalu siap memberikan Anda pelayanan yang terbaik serta produk berkualitas.