# Foto
Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Vinyl adalah salah satu pilihan lantai kayu murah yang populer dan tahan lama. Meski begitu, jenis flooring ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan Anda perlu mengetahui hal ini sebelum memutuskan untuk membeli lantai kayu. Apa saja pro dan kontranya?
 

Kelebihan

Keuntungan utama dari lantai vinyl adalah sifatnya yang 100% water resistant atau anti air. Anda tidak perlu khawatir akan lapuk dan dapat menempatkannya di ruang bawah tanah, kamar mandi, dapur, kafe, dan restoran. Memiliki binatang peliharaan dan anak kecil juga tidak akan menjadi masalah.
 
Lantai kayu murah ini juga sangat mudah dipelihara. Anda hanya perlu menyapu setiap hari dan mengepel beberapa kali saja dalam seminggu. Dengan ini saja, Anda bisa mendapatkan lantai yang terlihat mewah, tahan beban, dan awet.
 
Karena vinyl sudah semakin berkembang dan semakin maju, Anda sudah dapat menemukan lantai vinyl yang lebih kokoh dan stabil untuk dipijak. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali pilihan lantai kayu murah ini, mulai dari ketebalan, warna, finish, dan jenis kayu.
 
Harga vinyl juga sangat terjangkau, dan Anda bahkan juga bisa memasangnya sendiri. Tipe lantai kayu murah ini ada yang hanya tinggal ditempel, memakai sistem papan klik, atau jenis lainnya yang sangat memudahkan Anda menginstalasinya.
 
Sifatnya yang tahan lama, awet, murah, dan bentuknya yang juga estetik, lantai vinyl adalah pilihan yang sangat baik untuk Anda yang menginginkan lantai yang tahan banyak pijakan kaki namun tetap menyerupai kayu dengan harga yang terjangkau.
 
 

Kekurangan

Seperti produk flooring lainnya, tentu saja ada kekurangan yang ada pada lantai vinyl. Yang pertama, jika Anda memasang vinyl dengan sistem tempel, maka proses pelepasannya sangat susah.
 
Sehingga, jika Anda berpikiran untuk mengganti lantai Anda nanti atau berencana memasang lantai ini untuk sementara saja, maka sebaiknya Anda tidak memilih vinyl dengan sistem tempel/lem.
 
Memang keunggulan lantai kayu murah ini adalah keawetannya. Akan tetapi, sebagai lantai yang cenderung lebih lunak daripada laminate dan kayu asli, lantai ini sangat mudah rusak oleh karena benda tajam seperti pisau dapur yang mungkin terjatuh. Selain itu, benda yang sangat berat juga dapat membengkokkan lantai ini.
 
Lalu, vinyl juga memiliki lapisan akhir yang berbeda dari lantai laminate. Kebanyakan papan lantai kayu murah ini masih belum memiliki lapisan anti UV, sehingga flooring tersebut semakin lama dapat berubah warna. Jika Anda memasang vinyl di ruangan  yang terkena sinar matahari, sebaiknya Anda menutupnya saat siang hari.
 
Yang terakhir, jika Anda adalah orang yang peduli lingkungan, maka lantai ini bukanlah pilihan yang cocok untuk Anda. Vinyl adalah lantai yang tidak dapat terurai secara alami dan tidak mudah untuk didaur ulang. Sebenarnya ada beberapa institusi yang dapat mendaur ulang vinyl, tapi sangat susah ditemukan.
 
Dengan kekurangan dan kelebihannya, Anda jadi lebih mengerti tentang lantai kayu murah vinyl. Namun jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar flooring ini, jangan ragu untuk menghubungi House of CountryWood sekarang juga. Kami selalu siap membantu dan melayani Anda.