# Foto

Lantai Kayu dan Furniture untuk Rumah Monokromatik? Hmm...

 

Lantai kayu dan beberapa furniture natural digabungkan dengan background rumah yang gelap dan monokromatik itu masih kelihatan keren dan juga trendi loh! Sekarang kan sudah semakin banyak interior dan hunian yang terang dan banyak natural light, tetapi nuansa gelap yang perlahan ditinggalkan ini sebenarnya masih bisa terlihat cantik.

 

Contohnya ada di apartemen ukuran 45m2 di Kiev, Ukraina yang dibahas di majalah Dezeen beberapa bulan lalu. Ide utamanya adalah open space yang sudah termasuk dining area, home office, dan tea lounge. 

 

Desainer interiornya mencoba menyeimbangkan warna gelap pilihannya dengan tekstur dan warna natural seperti lantai kayu di beberapa tempat. Tujuannya adalah untuk menjaga nuansanya agar tidak terlalu berat dan suram.

 

Untuk flooring, semuanya tidak menggunakan lantai kayu. Ada beberapa bagian yang memakai semen ala design interior yang industrial, untuk mengimbangi tekstur natural dari beberapa furniture yang cenderung kasar atau tidak mulus.

 

Furniture natural seperti apa maksudnya sih? Dalam hunian ini ada meja teh lesehan ala tea ceremony di Jepang, kursi rotan, rak kayu, tirai bambu, langit-langit dari kayu, dan tikar alami. 

 

Selain lantai kayu, desainernya juga memilih dan merancang perabotannya juga menggunakan bentuk-bentuk yang simple dan geometris sehingga terlihat klasik ala mid-century.

Meniru dengan lantai kayu vinyl atau laminate

Terinspirasi sama interior yang seperti ini untuk rumah, home office, atau mungkin tempat bisnismu? Bisa banget dong bikin yang mirip seperti contoh! Bahkan kita mungkin nggak perlu keluar duit banyak-banyak untuk lantai kayu karena House of Countrywood nyediakan alternatif hardwood yang terjangkau tapi tetap bagus.

 

Vinyl, salah satu pilihan lantai kayu Jakarta dari kami, adalah alternatif yang paling populer karena harganya yang pocket-friendly dan bisa terlihat mirip seperti kayu asli. Selain itu, maintenance-nya juga sangat gampang dan nggak perlu perhatian khusus. Cuma perlu sapu, vakum, dan pel (pakai kain pel yang lembap, ya) secara rutin, dan itu aja!

 

Kalau mengutamakan flooring yang nyaman, vinyl juga pilihan yang lebih baik. Lantai kayu Jakarta ini lebih soft sehingga kalau harus berdiri agak lama, misal di home office yang pakai standing table, kaki kita nggak kerasa sakit. Terus, sifatnya juga water resistant, jadi kita nggak perlu khawatir lagi kalau ada tumpahan ini itu.

 

House of Countrywood juga bisa sediakan parket laminate, yaitu lantai kayu Jakarta yang nggak kalah populer dan masih ada elemen organiknya (bukan pure plastik seperti vinyl). Look-nya 11/12 sama vinyl, tapi banyak yang bilang kalau flooring ini sedikit lebih mirip hardwood.

 

Laminate itu memiliki wear layer yang melindungi papannya dari noda permanen, goresan, dan aus. Fungsi lainnya adalah menampung foot traffic yang cukup banyak atau standard. Lalu, lantai ini juga budget-friendly seperti vinyl. Memang harganya lebih tinggi sedikit daripada vinyl roll, tetapi sebanding kok dengan kelebihan yang kita dapat. 

 

Dan, daerah tropis seperti negara kita ini juga cocok sekali pakai lantai kayu laminate atau vinyl karena tahan lembap! Jadi kita masih bisa ambil inspirasi dari hunian di Ukraina dan apply ke rumah kita sendiri.

Carinya di House of Countrywood dong!

Untuk informasi lebih lanjut tentang bedanya vinyl dan parket laminate, atau detail tentang produk yang kami tawarkan, lihat-lihat aja di website ini! Atau, hubungi tim kami yang selalu mau membantumu dengan senang hati. Kontak kami sekarang!