# Foto

Lantai parket dan vinyl adalah dua alternatif flooring kayu asli yang paling populer karena ekonomis, low-maintenance, dan tahan lama. Tapi karena sama-sama imitasi, pilihan lantai kayu murah yang oke, dan punya banyak persamaan, trus bedanya apa dong? 

Air dan udara lembap vs lantai parket atau vinyl?

Lantai parket itu punya elemen naturalnya di bagian core layer, yaitu high density fiberboard. Jadi kalau terkena air dan kelembapan berlebih, papannya bisa lembek atau melembung. Dan kalau sudah seperti ini, artinya flooring itu sudah rusak karena tidak bisa kembali ke kondisi asli.

 

Atau malah lebih parahnya, lapisan pelindung dan gambar dari lantai parket ini bisa terkelupas kalau sudah terkena banyak air. Dan, kita harus menggantinya karena lantai kayu murah satu ini tidak bisa diperbaiki.

 

Sedangkan, vinyl adalah lantai kayu murah yang 100% waterproof karena seluruhnya terbuat dari plastik. Jadi kalau kita mau memasang flooring di tempat yang lembap dan basah (seperti dapur, laundry room, powder room), mendingan vinyl deh daripada lantai parket.

Bentuk dan feel

Banyak banget yang suka lantai parket karena feel-nya mirip banget sama hardwood. Bahkan sudah ada juga loh, parket laminate yang punya tekstur bervariasi dengan model berbeda-beda ala kayu asli mewah gitu! Malah, kualitasnya lebih konsisten.

 

Kalau vinyl sih sebenarnya sudah bisa niru aslinya sekarang, dan juga sudah ada banyak macamnya. Cuma, lantai kayu murah satu ini masih belum bisa punya feel kaya flooring kayu. Untuk sebagian orang, hal ini ga masalah, tapi untuk yang suka wooden feel, lantai parket akan jadi pilihan yang lebih oke.

Beda struktur

Kalau lantai kayu murah dari House of Countrywood, sebenarnya perbedaannya ga terlalu banyak sih. Lantai parket kami punya 4 layer, sedangkan vinyl ada 5 lapisan. Keduanya punya final, core, decorative, dan wear layer 0.3 mm. Yang beda, vinyl kami ada UV coatingnya yang akan menjaga flooring supaya warnanya ga cepat hilang.

Instalasi dua jenis lantai kayu murah ini gimana?

Lantai parket itu cara pemasangannya ga susah karena sistemnya click-and-lock gitu dan ga butuh perekat. Jadi kalau pilih flooring satu ini, nunggu pemasangannya ga lama dan ga perlu bongkar-bongkar lantai yang sudah ada. 

 

Nah kalau lantai kayu murah satunya yaitu vinyl, apalagi yang roll/sheet, lebih tricky. Kita harus mengukur ruangan dengan bener-bener akurat supaya ga salah instalasi (yang pada akhirnya bisa merusak flooring). Alhasil, pemasangannya bakalan lebih lama dan butuh bantuan profesional, ga kaya lantai parket.

Harga dan lifespan lantai parket vs vinyl

Sebenarnya dua lantai kayu murah ini harganya jauh lebih ekonomis daripada hardwood. Dan, keduanya punya harga mirip-mirip, terutama kalau kita bandingkan lantai parket dan luxury vinyl. Jadi kalau masalah harga, mending pertimbangkan dulu kebutuhanmu dan budget-nya, setelah itu, konsultasikan aja sama kami.

 

Untuk lifespan, keduanya juga kurang lebih. Dengan maintenance yang baik (meski minim, kan kita tetep harus ngerawat yah), lantai parket bisa tahan dari 10 sampai 25 tahun! Sedikit lebih lama dari vinyl yang bisa mencapai 20 tahun. 

Lantai parket atau vinyl?

Setelah sudah tau perbedaannya, pilihannya sekarang ada di kamu: mau pilih lantai parket atau vinyl. Mau alternatif hardwood manapun, percayakan lantai kayu murah pilihanmu di House of Countrywood! Chat kami sekarang untuk konsultasi dan penawaran terbaik!