Membandingkan Lantai Vinyl Lembaran Dengan Tile
18 Agustus 2023 Admin Lantai Vinyl

Membandingkan Lantai Vinyl Lembaran Dengan Tile

Sejauh ini Anda mungkin sudah lebih familiar dengan lantai vinyl lembaran serta keunggulan dan kekurangannya. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui vinyl tile (ubin)? Apakah Anda sudah mengetahui perbedaannya?

Penampilan dan kemiripan dengan kayu asli

Alasan utama mengapa banyak orang yang memilih lantai vinyl adalah kemudahan mendapatkan lantai tertentu tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. Anda bisa mendapatkan flooring kayu, batu alam, dan keramik dengan harga yang lebih murah.

Vinyl lembaran bisa diberikan garis-garis untuk mengimitasi celah papan atau ubin. Tetapi, untuk pilihan yang terlihat lebih realistis, ubin adalah pemenangnya dalam perbandingan ini. Bahkan, flooring dengan teknologi yang canggih seperti LVT dan LVP akan terlihat dan terasa lebih mirip dengan barang aslinya. 

Harga

Lantai vinyl lembaran adalah jenis yang paling ekonomis di antara banyak pilihan vinyl yang tersedia, namun warna serta polanya masih bisa memberikan kesan yang realistis. Selain itu, vinyl lembaran juga sering digunakan karena proses instalasinya yang tidak rumit dan tidak memerlukan presisi dalam hal pemotongan seperti papan atau tile.

Bila kontraktor pemasang flooring Anda dapat mengukur ruangan dengan baik dan memotong lembaran vinyl tersebut sesuai ruangan, vinyl roll adalah pilihan yang jauh lebih terjangkau daripada tile dan papan.

Pertahanan dari kelembapan

Seperti yang Anda ketahui, vinyl papan dan tile memiliki celah atau batas. Meski kontraktor Anda sudah melakukan instalasi dengan sangat rapi, celah tersebut masih mampu meresap air dan kelembapan.

Memang vinyl adalah flooring yang pada dasarnya tahan air serta kelembapan, namun jika Anda memiliki subfloor, maka sebaiknya Anda memperhatikan celah tersebut. Bila Anda memiliki subfloor, sebaiknya Anda memilih lantai vinyl lembaran saja. Flooring ini sangat cocok digunakan di tempat-tempat yang basah dan lembab. Anda hanya perlu memastikan bahwa setiap ujungnya tertutup tanpa ada bagian yang tertumpuk.

Perbaikan

Karena vinyl papan dan tile dipasang satu persatu, maka jenis tersebut lebih unggul dalam perbandingan ini. Saat vinyl lembaran mengalami kerusakan yang cukup parah, maka Anda harus mengganti seluruh ruangan atau memotong bagian yang rusak dan memasang lembaran yang baru. 

Apabila Anda tidak memasangnya dengan rapi, maka tambalan tersebut akan terlihat jelas dan flooring akan terlihat buruk. Anda bisa mengakalinya dengan memotong bagian yang rusak sesuai dengan pola flooring, namun hal ini membutuhkan pengalaman dan keahlian. Menyewa jasa kontraktor untuk memperbaiki kerusakan itu juga terkadang sebanding dengan mengganti seluruh lantai. Selain itu, air dan kelembapan dapat masuk ke dalam celah dan merusak subfloor. 

Berbeda dengan lantai vinyl tile atau papan, Anda hanya perlu mengganti papan atau ubin yang rusak saja tanpa harus membongkar seluruh flooring. Menggantinya juga tidak terlalu merepotkan dan sukar. Untuk melepas ubin, Anda atau kontraktor hanya perlu memanaskan perekat lantai lalu mengambilnya dan mengikis bahan pengikatnya (bonding agent). Setelah itu, flooring hanya perlu diganti dengan yang baru dan Anda tidak perlu khawatir akan tambalan yang tidak terlihat cantik.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan mengenai lantai vinyl? Apakah Anda ingin tahu informasi flooring vinyl yang ditawarkan oleh House of Countrywood? Hubungi tim kami sekarang juga!