Mengapa Ada Gelembung Muncul di Papan Lantai Kayu Saya?
08 Agustus 2019 Admin Lantai Kayu

Mengapa Ada Gelembung Muncul di Papan Lantai Kayu Saya?

Apakah Anda sedang mengalami hal ini? Lantai kayu laminate Anda terlihat menggelembung di bagian permukaan dan tepian papannya. Apa yang terjadi dan bagaimana mengatasinya?

Seperti yang Anda ketahui, bahan kayu yang ada pada laminate akan memuai dan menyusut oleh karena kelembapan. Udara yang bersifat basah dan lembab adalah faktor yang dapat membuat papan menyerap kandungan air. Sehingga, lebar dan penampilan papan lantai kayu tersebut akan berubah. 

Produsen flooring laminate biasanya akan menyarankan Anda untuk memasang di tempat atau ruangan yang tingkat kelembapannya tidak lebih dari 60% dan tidak kurang dari 30%. Jadi, menjaga agar ruangan tidak terlalu lembab adalah cara yang paling efektif untuk lantai ini. 

Tidak hanya kelembapan saja, air yang merembes masuk ke dalam lantai kayu laminate juga akan menyebabkan gelembung-gelembung di sekitar pinggiran papan. Hal ini terjadi karena cairan atau air yang terserap oleh ruas yang menghubungkan satu papan ke lainnya. 

Mencegah terjadinya gelembung

Bila Anda baru saja memasang laminate, biarkan lantai kayu ini menyesuaikan diri selama 48 jam sebelum Anda gunakan. Pastikan pemasang lantai menyisihkan ruang untuk memuai sebanyak 0,5 hingga 1 cm di seluruh dinding dan struktur lain seperti pillar. 

Apabila Anda memasang lantai kayu ini di atas semen, sebaiknya gunakan pelindung ekstra seperti subfloor yang dapat menghambat kelembapan. Ketika cuaca sedang panas dan lembab, nyalakan AC ruangan agar udara dalam ruang tetap kering. Dan yang paling sederhana namun penting, segera bersihkan flooring bila ada air atau cairan lain yang tertumpah. 

Apakah saya boleh menggunakan alat pel uap?

Kami tidak menyarankan Anda membersihkan lantai kayu laminate menggunakan alat ini karena banyaknya kelembapan yang dapat ditimbulkan. 

Seperti yang sudah kami sebutkan, air dan segala hal yang lembab adalah musuh utama laminate dan hal tersebut dapat merusaknya. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan kain yang agak basah saja atau pembersih lantai khusus untuk laminate. 

Apabila Anda harus menggunakan alat pel uap karena tidak ada alternatif lainnya, maka sebaiknya Anda tidak berhenti atau membersihkan di satu tempat saja. Tekanan dan kelembapan pasti akan merembes masuk di pinggir papan anda dan merusaknya. Lalu, keringkan lantai kayu yang sudah dipel secara menyeluruh untuk memastikan bahwa semua sudah benar-benar kering. 

Mengatasi atau membetulkan flooring yang sudah menggembung

Sayangnya, bila papan Anda sudah mengalami hal ini, Anda tidak bisa menyelamatkannya. Tetapi dengan lantai kayu laminate, Anda bisa mengambil bagian yang rusak saja lalu diganti dengan yang baru. 

Hal yang paling penting adalah jangan menapaki atau berjalan di atas papan yang rusak. Bila Anda melakukan hal ini, maka sistem kunci laminate tersebut juga bisa rusak secara permanen dan tidak bisa dibenarkan. Jika sudah rusak, maka ada kemungkinan Anda harus mengganti papan di seluruh ruangan. 

Laminate memang sebuah alternatif lantai kayu yang memiliki keunggulannya sendiri, akan tetapi, perawatan dan pemeliharaan adalah hal yang wajib dilakukan agar flooring tersebut bisa tahan sangat lama dan tidak cepat rusak. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar lantai kayu laminate atau produk-produk House of Countrywood, jangan tunggu lebih lama lagi untuk menghubungi tim kami.