Mengapa Anda Disarankan Untuk Membeli Lantai Ekstra?
02 April 2019 Admin Lantai Kayu

Mengapa Anda Disarankan Untuk Membeli Lantai Ekstra?

Saat Anda membeli bahan-bahan bangunan, khususnya flooring, perusahaan yang jual lantai kayu seringkali menyarankan Anda untuk membeli beberapa persen lebih banyak dari jumlah yang Anda perlukan. Kelebihan yang ada ini biasanya disebut overage.

Tentunya sebagai pembeli, Anda memiliki pertanyaan. “Apakah overage ini memang diperlukan?” atau “Apakah penjual lantai kayu ini sedang mencari cara/trik untuk menguras kantong saya?” pasti terbesit dalam pikiran Anda. Meski terlihat mencurigakan, overage bukanlah sesuatu untuk menipu Anda. Berikut ini alasan mengapa Anda memerlukan overage.

1. Potongan papan

Ada beberapa lantai dengan potongan papan yang membutuhkan overage. Misalnya, ketika Anda menginstalasi flooring berukuran 60x60 cm dan Anda sudah memasangnya hampir di seluruh ruangan kecuali satu baris yang hanya berukuran 60x30 cm supaya pas dan menempel di dinding. Tentunya dalam kasus seperti ini Anda membutuhkan lantai ekstra supaya bisa pas.

Selain itu, bila ruangan Anda memiliki bentuk yang melekuk, bersudut, atau memiliki tiang/kolom dalam ruangan, Anda pasti membutuhkan lantai ekstra. Untuk bentuk ruangan yang tidak terlalu rumit, papan kayu biasa atau ubin, pemasang bisa memotong ujungnya saja. Namun untuk ruangan yang berlekuk-lekuk atau sangat rumit. Untuk ruangan yang rumit, para pemasang pada umumnya mengambil paling tidak 15% dari papan. Sehingga, overage tersebut sekali lagi dibutuhkan untuk tujuan ini.

2. Berjaga-jaga untuk kesalahan yang dapat terjadi

Biasanya ketika Anda sedang ingin mencoba membuat hal baru, roti misalnya, Anda akan membeli bahan-bahan lebih untuk berjaga-jaga apabila Anda membuat kesalahan nantinya, bukan? Hal ini juga berlaku pada flooring. Memasang lantai sendiri atau menggunakan jasa pemasang tetap membutuhkan overage.

Para pemasang lantai memang sudah memiliki pengalaman dan keahlian, namun manusia tidak luput dari kesalahan. Hal-hal seperti kesalahan mengukur ketika memotong papan kayu, hasil potongan yang kurang halus dan rapi, kurang panjang/pendek, dan sebagainya mungkin terjadi. Umumnya, terdapat satu atau dua papan yang  Terkadang juga pengukuran yang dilakukan pertama kali kurang beberapa cm dari ukuran asli ruangan tersebut.

3. Kerusakan

Jika Anda membeli flooring dari perusahaan yang jual lantai kayu dari luar kota atau pulau, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan kerusakan yang mungkin terjadi saat pengiriman. Produk yang Anda beli biasanya akan sering dimuat dan dibongkar sebelum akhirnya sampai kepada Anda, dan meski sudah dilakukan dengan hati-hati, kerusakan masih bisa terjadi.

Sekarang Anda sudah tahu arti dan fungsi overage. Kami memahami saat Anda sempat tidak yakin ketika pertama kali disarankan untuk membeli lantai ekstra, namun kami dapat menyarankan hal tersebut oleh karena alasan-alasan yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai perusahaan yang jual lantai kayu berkualitas, House of CountryWood selalu mengedepankan kenyamanan customer kami dan Anda dapat mempercayakan urusan lantai kayu sepenuhnya kepada kami.

Sedang membutuhkan lantai kayu? Hubungi tim kami sekarang juga!