# Foto
Mengenal Beberapa Pattern Lantai Parket

Lantai parket adalah jenis flooring yang pertama kali dipasang pada abad ke 16 di Perancis dan kemudian menjadi diminati hingga sekarang. Flooring ini adalah pilihan lantai yang cukup populer di masa kini oleh karena variasi bentuknya yang dapat Anda kreasi sesuka hati.
 
Umumnya, lantai parket dipasang pada ruangan yang luas seperti ruang tamu, keluarga, dan makan. Jika dipasang pada ruangan sempit, maka area tersebut akan terkesan terlalu ramai.
 
Parket adalah salah satu lantai yang sangat elegan, karena jarang ada jenis flooring yang dapat menyatukan sisi klasik dari sebuah kayu dengan kesan artistik lantai parket. Jika Anda berpikiran untuk memasangnya, maka Anda harus mengerti variasi pola dan pattern dari lantai ini.
 

Herringbone

Pola ini tradisional, namun kepopulerannya masih tetap bertahan hingga sekarang. Pattern ini digunakan tidak hanya pada lantai saja, namun juga industri fashion dan arsitektur. Pada dasarnya, pola ini berbentuk seperti zig-zag dan terinspirasi dari tulang ikan Herringbone.
 
Ada jenis lain dari pola ini, yaitu double Herringbone yang kurang lebih sama, namun lebih padat sehingga kesan ruangan yang diberikan juga berbeda. Apabila Anda memiliki ruangan yang cukup sempit, maka gunakan pola yang diagonal di sepanjang lantai ruangan Anda supaya terlihat lebih luas.
 

Chevron

Terdapat juga style lantai parket lain yang tidak kalah populer dari Herringbone yaitu Chevron. Sebenarnya, pola ini adalah variasi dari Herringbone namun lebih teratur. Parket dalam pola ini dipotong dahulu kemudian dipasang hingga membentuk seperti anak panah.

Umumnya, pola ini harganya lebih mahal daripada versi Herringbone oleh karena tingkat kesusahannya. Meski begitu, lantai ini tetaplah flooring yang stabil dan terlihat klasik serta cocok dipasang untuk rumah atau style interior yang kontemporer.
 

Basket weave

Basket weave adalah pattern yang dapat dipasang pada dinding maupun lantai tergantung pilihan Anda. biasanya, pola ini hanya menggunakan satu warna atau jenis kayu saja. Namun jika Anda ingin terlihat berbeda, maka mencampurkan beberapa warna berbeda dapat memberikan tampilan yang unik.

Seperti Herringbone, pola basket weave juga memiliki variasi yang beragam, sehingga Anda disarankan untuk mengetahui berbagai jenisnya. Lalu, Anda dapat menepatkan lantai parket tersebut pada ruangan Anda sebelum membelinya.
 

Brick (Batu bata)

Sesuai dengan namanya, pola ini kurang lebih sama dengan pola batu bata tradisional yang sudah sering Anda jumpai. Ada beberapa orang yang berkata bahwa pattern ini terlalu sederhana dan membosankan. Akan tetapi, pola ini dapat Anda gunakan untuk memberi batas atau garis pemisah pada ruangan Anda.
 
Pattern ini juga dapat Anda kombinasikan dengan beberapa warna yang berbeda, sehingga lantai parket Anda akan terlihat lebih cantik dan berwarna. Selain itu, pola ini dapat Anda pasang menggunakan papan parket Herringbone atau papan biasa yang lebih panjang.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai pattern lantai parket terbaik mana yang harus Anda pilih, jangan ragu untuk menghubungi tim House of Countrywood. Selain produk-produk berkualitas, kami juga senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.