Mengenal Rating Abrasion Class Untuk Menilai Daya Tahan Lantai Laminate
11 Maret 2020 Admin Lantai Kayu

Mengenal Rating Abrasion Class Untuk Menilai Daya Tahan Lantai Laminate

Sebagai perusahaan yang jual lantai kayu, kami ingin memberitahu Anda bahwa ketebalan laminate atau vinyl bukanlah suatu cara untuk mengukur daya tahan dan service life-nya. Sebagian besar laminate memiliki rating AC, yaitu Abrasion Class, yang digunakan untuk menilai seberapa kokoh flooring tersebut dengan cara yang lebih akurat. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

AC1 - Residensial ringan/sedang

Pengukuran ini lebih sesuai untuk hunian dengan penggunaan yang sedang atau tidak banyak, contohnya ruang tidur atau wardrobe closet. Karena memiliki rating paling rendah, sebaiknya Anda tidak menggunakannya pada ruang tidur yang sering dikunjungi. Begitu juga dengan area walk-in closet, jika Anda sering mengunjunginya, kami sebagai pihak yang jual lantai kayu merekomendasikan rating yang lebih tinggi.

AC2 - Residensial sedang

Laminate dengan ukuran AC2 sering digunakan untuk hunian dan sifatnya adalah pukul rata, yaitu dapat digunakan di berbagai tempat seperti ruang keluarga dan ruang makan. Lantai dengan peringkat ini dapat menahan foot traffic yang normal dengan baik. Tetapi bila aktivitas keluarga dan rumah tidak sedikit, maka sebaiknya AC3 yang Anda pilih. Bila ragu, hubungi kami yang jual lantai kayu dan sudah berpengalaman dalam hal ini.

AC3 - Residensial berat atau komersial ringan/sedang

Untuk Anda yang “cari aman” dalam memilih flooring untuk hunian, maka laminate dengan rating AC3 adalah pilihan yang sangat tepat. Laminate ini cocok dipasang di berbagai jenis rumah dan memiliki daya tahan sangat baik terhadap aktivitas keluarga yang sibuk, serta tidak mudah aus dan cukup tahan terhadap noda membandel (dengan perawatan yang tepat).

Bila Anda mencari laminate untuk keperluan komersial, kami yang jual lantai kayu dapat merekomendasikan AC3. Memang, rating yang lebih tinggi adalah pilihan yang lebih baik dan lebih aman, namun tipe ini masih mampu menahan aktivitas ringan hingga sedang. Jadi, jenis ini sesuai digunakan untuk kamar hotel atau ruang kantor kecil yang tidak sering dilewati atau dikunjungi.

AC4 - Komersial sedang

Hampir sama seperti AC2 yang sifatnya “satu untuk semua”, rating ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan komersial dengan foot traffic yang sedang atau umum seperti perkantoran, butik, dan cafe.

Yang perlu diingat adalah, meski tipe ini sesuai untuk bisnis seperti bar, restoran, dan sebagainya, tidak semua laminate tahan terhadap air, tumpahan cairan, dan pel yang menggunakan banyak air atau menggunakan alat steam. Hal-hal tersebut dapat merusak flooring dan dapat menyebabkan lantai yang berdecit, mengembung, dan melengkung.

House of Countrywood jual lantai kayu, namun kami juga peduli terhadap pelanggan kami dan kami ingin Anda dapat menikmati flooring dalam waktu yang lama. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami dan biarkan kami membantu Anda sebaik mungkin.

AC5 - Komersial berat

Dengan rating tertinggi, laminate dengan peringkat ini dapat digunakan untuk segala keperluan, terutama untuk area komersial yang memiliki foot traffic sangat tinggi. Sehingga, untuk Anda yang memiliki proyek bangunan publik atau bisnis seperti department store dan sebagainya, pilihan ini tidak akan mengecewakan.

Sekali lagi kami mengingatkan bahwa meski memiliki rating yang tinggi, tebal, dan sangat tahan terhadap aus, laminate bukanlah flooring yang tahan air sepenuhnya. Sehingga, segera keringkan air atau tumpahan apapun.

Apakah Anda sudah lebih mengenal lantai laminate dan rating AC? Bila Anda masih kurang yakin mengenai pilihan yang terbaik sesuai kebutuhan dan keperluan, tim House of Countrywood yang jual lantai kayu ini dapat membantu Anda. Kami selalu siap memberikan pelayanan dan kualitas terbaik bagi kepuasan pelanggan kami