Merawat dan Memelihara Lantai Vinyl Dengan Baik
11 April 2023 Admin Lantai Vinyl

Merawat dan Memelihara Lantai Vinyl Dengan Baik

Memiliki lantai vinyl berarti memiliki lantai yang tahan lama dan mudah dirawat. Agar flooring hunian Anda tetap awet, merawatnya dengan cara yang benar adalah salah satu cara yang paling efektif.
 
Apabila Anda baru saja memasang atau baru memikirkan untuk membeli lantai vinyl, maka tips ini dapat membantu anda merawat dan menjadikan flooring tersebut makin tahan lama atau sekedar membandingkannya dengan pilihan lain.

Sapu lantai Anda dengan rajin

Salah satu cara termudah dan terbaik untuk menjaga keindahan serta fungsi lantai adalah kerajinan. Untuk lantai vinyl, Anda harus menyisihkan waktu setiap hari untuk menyapunya. Debu dan kotoran lainnya dapat mengauskan permukaan vinyl sehingga kilapnya bisa memudar.
 
Tentunya ketika Anda lupa menyapu sehari dua hari saja tidak akan merusak lantai vinyl tersebut. Hanya, yang perlu diingat adalah tumpukan debu atau kotoran yang akan tertinggal. Oleh karena itu, sebaiknya tetap membersihkannya secara rutin, terutama di area yang seringkali menerima pijakan kaki seperti ruang keluarga. 

Beri karpet atau keset

Meski sederhana atau simpel, keset dapat mengambil debu dan kotoran yang dapat masuk dalam rumah dan tertinggal di lantai Anda.
 
Berdasarkan seberapa besar teras atau bagian depan hunian Anda, keset tersebut juga harus menyesuaikan supaya kotoran benar-benar tertangkap dengan baik. Bila ruang depan Anda besar, maka sebaiknya Anda menggunakan karpet  daripada keset.

Jangan membasahi lantai

Membersihkan lantai vinyl memang penting, akan tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak perlu mengepelnya setiap hari. Dan ketika Anda mengepelnya, sebaiknya Anda tidak menggunakan kain pel yang benar-benar basah.
 
Lantai vinyl adalah lantai yang sangat tahan air, namun jika Anda membasahinya, air tersebut dapat merembes ke bawah lantai vinyl dan dapat merusak dasar hunian Anda. sehingga, lebih baik Anda menggunakan kain yang lembab daripada basah.
 
Metode membersihkan lantai vinyl yang lebih direkomendasikan malah hanya dengan rajin menyapunya saja. Lebih mudah bukan?

Jauhi perabotan yang menggunakan roda

Ketika Anda memiliki hunian yang kecil, biasanya Anda akan menyiasatinya dengan furnitur dengan roda yang dapat dipindah dengan mudah agar memiliki fungsi yang banyak. Memang hal ini memudahkan Anda dan efisiensi ruangan juga akan lebih baik.
 
Sayangnya, roda adalah salah satu hal yang mudah merusak lantai vinyl apabila Anda tidak berhati-hati. Kerusakannya akan lebih cepat jika Anda sering memindahkan perabotan tersebut sehari-hari.
 
Solusinya adalah mengganti roda tersebut dengan alas atau bantalan perabotan yang terbuat dari kain flanel. Anda tetap bisa memindahkan furnitur Anda di atas lantai vinyl tanpa merusaknya sama sekali.
 
Tertarik untuk memasang lantai vinyl? Segera hubungi House of Countrywood agar kami dapat membantu Anda lebih lanjut dan memberikan solusi terbaik untuk rumah atau proyek Anda. Kami senantiasa ingin membantu Anda lebih senang dan bangga akan proyek/hunian Anda dengan berbagai varian lantai estetik oleh House of Countrywood.