Mitos Mengenai Decking WPC Capped yang Harus Anda Ketahui
23 April 2023 Admin WPC Decking

Mitos Mengenai Decking WPC Capped yang Harus Anda Ketahui

Selama bertahun-tahun, kayu adalah bahan decking yang seringkali digunakan dan dipilih. Namun seperti yang sudah kita ketahui, kayu asli membutuhkan perawatan rutin seperti pemberian lapisan anti air, pengampelasan dan pernis ulang. Lalu, kayu juga rentan terhadap pembusukan, jamur, serangga, dan kerusakan akibat kelembapan.
 
Tetapi teknologi sudah semakin maju dan sekarang banyak sekali pilihan dek untuk hunian atau proyek bangunan Anda, termasuk decking WPC dengan lapisan pelindung (disebut capped). Meski sudah ada sejak lama, jenis dek ini jarang dipilih oleh karena beberapa desas-desus yang tidak benar.
 
Berikut ini adalah beberapa mitos mengenai decking WPC capped yang harus Anda ketahui.
 

1. Dek komposit varian capped tidak terlihat natural

Ketika decking WPC pertama kali beredar awal-awal, bentuk dan rupanya memang tidak terlihat seperti kayu dan malah terlihat benar-benar seperti plastik tiruan. Akan tetapi, rancangan dek komposit semakin lama semakin diperbarui sehingga sekarang Anda akan mendapatkan dek tiruan namun dengan bentuk dan kesan yang sangat menyerupai kayu asli. 
 
Bahkan, sekarang Anda bisa menjumpai dek komposit dengan urat kayu yang terlihat realistis dan dengan warna berbeda-beda. Anda bisa memilih dek yang menyerupai kayu favorit Anda dan orang lain akan susah membedakannya dengan kayu asli.
 

2. Decking WPC capped tidak akan berubah atau pudar warnanya

Memang benar bahwa dek komposit sudah dilengkapi dengan banyak keunggulan daripada kayu asli. Akan tetapi, sinar matahari dan hal lain dari tempat terbuka akan tetap membuat warna dek tersebut pudar.
 
Oleh karena itu, pilihlah decking WPC yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti-UV atau lapisan pelindung ekstra pada sisi tiap papan dek sehingga Anda lebih terlindungi dari goresan, pemudaran warna, dan noda.
 

3. Anda tidak perlu merawat dek jenis ini

Tentunya akan lebih mudah ketika pemilik rumah atau bangunan tidak perlu pusing atau repot tentang pemeliharaan decking WPC. Sayangnya, dek ini bukanlah produk ajaib yang tidak membutuhkan perawatan sama sekali.
 
Kabar baiknya, Anda hanya perlu merawat dek komposite capped dengan lebih mudah dan tidak memakan biaya banyak. Yang hanya perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah ada papan dek yang rusak. Untuk membersihkannya, Anda juga tinggal memberinya air dan sabun secukupnya.
 

4. Produk ini tidak ramah lingkungan

Apabila Anda adalah orang yang peduli akan kelestarian lingkungan, tidak perlu khawatir. Banyak sekali varian decking WPC yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang, bahkan hingga 70-80%.
 
Selain itu , dek komposit capped juga sangat tahan lama dan jauh lebih awet dibandingkan dek kayu asli, sehingga Anda tidak akan sering membuang kayu. Anda tidak akan menghabiskan pohon dan Anda juga mengurangi kayu-kayu yang ada pada tempat pembuangan akhir.
 
Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau masih belum yakin dengan decking WPC, jangan ragu untuk menghubungi House of Countrywood sekarang juga. Kami menantikan kerjasama dan hubungan yang baik bersama Anda.