# Foto
Perbandingan Antara Lantai Kayu Dengan Lantai Keramik

Kegembiraan atau semangat biasanya adalah perasaan yang Anda rasakan ketika memulai suatu proyek, membangun, atau merenovasi rumah. Salah satu hal yang paling dipikirkan adalah desain interior hunian/proyek tersebut. Anda tentu ingin mendapatkan segala hal estetik yang terlihat indah, namun perlu diingat bahwa efisiensi juga perlu Anda perhatikan. 
 
Hal mendasar yang perlu Anda pikirkan adalah flooring. Mana yang harus Anda pilih dari pilihan lantai kayu atau keramik modern?
 
Kayu adalah tipe flooring yang memberikan insulasi yang baik. Secara teknis, Anda akan merasakan perpindahan panas yang tidak terlalu banyak sehingga Anda akan mendapatkan bangunan/hunian yang tidak memakan banyak energi.
 
Lantai kayu tradisional (asli) adalah jenis yang sensitif terhadap kelembapan. Selain itu, bentuknya juga akan sering berubah oleh karena naik turunnya suhu. Akan tetapi, Anda tidak akan merasakannya pada tipe yang lebih modern seperti laminate, vinyl, atau lantai kayu murah lainnya.
 

Keunggulan lantai kayu murah adalah:

  • Tidak terasa keras seperti lantai keramik (bergantung dari jenis lantai kayunya).
  • Memberikan Anda kehangatan di saat dingin, karena keramik malah akan menambah kedinginan.
  • Ramah lingkungan karena beberapa lantai kayu murah dapat didaur ulang dan Anda tidak menebang banyak pohon.
  • Memberikan kesan yang klasik dan mewah kepada bangunan/hunian.
  • Beberapa jenis (seperti vinyl) dapat Anda pasang di tempat yang sering basah seperti kamar mandi atau dapur.
  • Dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran oleh karena sifatnya yang hemat energi.
 
Kekurangan utama dari flooring kayu adalah warnanya yang mudah memudar, apalagi jika Anda menempatkannya pada daerah yang sering disinari matahari. Meski memiliki banyak keunggulan, tidak jarang juga yang masih memilih lantai keramik. Hal ini juga didukung oleh semakin majunya teknologi sehingga Anda bisa mendapatkan keramik dengan corak yang lebih modern, bervariasi, dan menyerupai bahan lantai lainnya, misalnya marmer.
 
Oleh karena itu, Anda jadi semakin bisa meluapkan ide dan menuangkan kreatifitas yang Anda miliki. Anda juga tidak perlu terlalu repot memasangnya dan proses instalasinya pun juga lebih dipahami, yaitu dengan menggunakan semen.
 

Keunggulan lantai keramik adalah:

  • Sangat tahan lama.
  • Sama sekali tidak susah untuk dibersihkan atau dirawat. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya saja secara rutin.
  • Benar-benar tahan air dan anti air.
  • Tidak mudah terbakar, karena lantai kayu terutama yang asli masih mudah terbakar.
  • Dapat dipasang di mana saja dan masih tetap memberi kesan yang indah.
  • Ramah lingkungan karena keramik biasanya terbuat dari bahan natural, yaitu tanah liat.
 
Kekurangan utama lantai keramik yang harus Anda pertimbangkan adalah sifatnya yang tidak sama efisien seperti kayu dalam hal energi. Selain itu, lantai ini terasa keras di kaki dan sekali rusak, Anda tidak bisa menggunakannya lagi atau mendaur ulangnya.
Baik lantai kayu murah maupun keramik memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik hunian atau pembangun proyek adalah orang yang membuat keputusan.
 
Namun untuk urusan lantai kayu murah yang berkualitas dan tahan lama, serahkan saja kepada House of CountryWood. Segala varian flooring kayu kami akan menjamin hunian/proyek yang tidak hanya terlihat indah, namun juga efisien dan menguntungkan Anda pada akhirnya.