Perbedaan Dek Komposit dan Dek Kayu Asli
19 Februari 2019 Admin Lantai Kayu

Perbedaan Dek Komposit dan Dek Kayu Asli

House of Countrywood tidak hanya jual lantai kayu seperti vinyl dan laminate saja. Anda juga bisa mendapatkan dek komposit atau wpc. Apakah Anda mengetahui perbedaan wpc dengan dek kayu asli?

Tentunya, jika tidak ada dek kayu asli, maka tidak akan ada dek komposit yang bisa Anda dapatkan dengan harga lebih terjangkau. Memang, dek kayu memiliki peran atas produk yang sekarang boleh kita nikmati, namun sebenarnya apa perbedaan kedua dek ini?

Perbedaan yang paling jelas adalah fakta bahwa dek komposit tidak dapat membusuk, mengembung, terpecah, atau menyerpih. Berbagai hal tersebut akan sering Anda temukan pada dek kayu asli.

Selain itu, Anda tidak perlu memberikan perawatan ekstra seperti mengampelas dan memberi lapisan baru untuk wpc. Proses pemeliharaan dek komposit jauh lebih mudah dan murah dibandingkan kayu. Perbedaan lainnya adalah:

Anti sinar ultra violet

Banyak produk dek komposit yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti UV agar dek tersebut lebih tahan akan pemudaran warna akibat sinar matahari serta jamur. Kayu asli membutuhkan perawatan dan pelapisan beberapa kali dalam setahun supaya tetap terlihat baru. Dan karena tidak adanya lapisan anti UV, dek kayu asli akan lebih cepat rusak daripada wpc.

Tidak licin

Beberapa varian wpc juga dilengkapi dengan lapisan anti selip sehingga Anda tidak mudah terpeleset ketika berjalan di atasnya, meskipun dalam kondisi yang basah sekalipun. Lain halnya dengan kayu asli yang berbahaya ketika sedang lembab atau basah.

Keamanan dan kesehatan

Apabila proyek atau hunian Anda memiliki anak kecil atau peliharaan, maka Anda harus mempertimbangkan sifat kayu asli yang dapat menyerpih. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus rajin mengampelas dan memberi pernis baru supaya semua akan tetap aman dan halus.

Wpc akan meringankan beban Anda karena bahannya yang merupakan campuran plastik komposit dan kayu. Dek ini juga tidak memiliki ujung-ujung yang tajam sehingga semua akan tetap aman dan baik-baik saja.

Tahan lama

Karena bahan campurannya, dek komposit juga akan tahan lebih lama. Kandungan plastik yang ada dalam wpc akan menjadi aset yang berharga untuk proyek/hunian Anda karena dek ini tidak mudah rusak seperti dek kayu asli. Dengan perawatan minim saja, dek komposit Anda akan tetap terlihat bagus dan baru.

Kokoh

Papan dek komposit memiliki struktur yang berbeda-beda namun secara keseluruhan, dek ini memberikan Anda alas yang kokoh, kuat, dan tahan lama. Sebaliknya, dek kayu asli memiliki ketebalan dan tipe kayu yang berbeda-beda.

Dek kayu lunak (soft wood) tentunya tidak akan sekuat kayu keras (hard wood) namun kayu keras memiliki harga yang tinggi. Kayu asli juga dapat membusuk seiring berjalannya waktu sehingga struktur dek semakin tidak aman untuk dipijak.

House of Countrywood adalah perusahaan yang jual lantai kayu termasuk dek wpc yang sudah dijelaskan. Apabila Anda masih ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai produk-produk kami, jangan ragu untuk mengontak kami melalui alamat dan nomor telepon yang sudah tertera atau chat kami secara langsung. Tim kami akan selalu siap melayani Anda.