Perbedaan Penggunaan Lantai Vinyl Plank dan Sheet
12 Mei 2023 Admin Lantai Vinyl

Perbedaan Penggunaan Lantai Vinyl Plank dan Sheet

Sebagai pemilik bisnis atau hunian, terdapat beberapa alasan yang bagus untuk memilih lantai vinyl. Selain beberapa keunggulan yang sudah pernah dibahas sebelumnya, vinyl memiliki keuntungan lain yang sangat menarik. Namun terdapat perbedaan dari vinyl papan dan lembaran. Berikut keunggulan jenis yang plank.
 
  • Dapat diganti kembali dalam beberapa bagian

Jika sebagian dari papan lantai vinyl Anda rusak, maka Anda memiliki pilihan untuk mengambil papan yang rusak saja dan menggantinya dengan yang baru tanpa harus mengangkat seluruh papan lantai. Lain halnya dengan lantai vinyl lembaran yang mengharuskan Anda untuk membongkar seluruh lantai ketika ada bagian yang rusak.
 
  • Mudah dipasang

Proses instalasi lantai vinyl plank itu cukup sederhana. Banyak papan vinyl yang sudah memiliki mekanisme locking dari saat diproduksi sehingga Anda setiap papan dapat dipasang dengan pas tanpa repot. Sebaliknya, pemasangan jenis vinyl yang lembaran membutuhkan bantuan para ahli, karena presisinya membutuhkan keahlian dan pengalaman yang banyak.
 
  • Bentuknya mirip dengan lantai kayu asli (hardwood)

Tidak sedikit yang memilih lantai vinyl oleh karena bentuk dan rupanya yang sangat menyerupai kayu asli. Vinyl dalam bentuk ubin (tile) atau lembaran memang sangat cantik untuk mendapatkan lantai batu tiruan, namun jika Anda menginginkan style kayu, maka papan adalah pilihan yang terbaik.
 
Tentunya kualitas papan tersebut akan mempengaruhi seberapa mirip tidaknya dengan kayu asli. Varian dari House of Countrywood akan memberikan Anda lantai yang sangat mirip dengan kayu sesuai dengan jenis kayu keinginan Anda. Harga yang akan Anda bayar juga jauh lebih sedikit daripada membeli lantai kayu hardwood.
 
Meskipun memiliki kelemahan, lantai vinyl lembaran sebenarnya juga memiliki beberapa keunggulan sehingga banyak juga yang memilih jenis flooring ini. Jika Anda mempertimbangkan vinyl sheet untuk dipasang di bisnis atau hunian Anda, berikut keuntungannya.
 
  • Harganya ekonomis

Lantai vinyl lembaran pada umumnya memiliki harga yang lebih murah daripada varian papan. Mengapa begitu? Jenis yang sheet biasanya dipasang dalam satu atau dua lembar besar saja, sehingga proses produksinya lebih mudah, cepat, dan tidak memakan biaya banyak. Oleh karena itu, jika Anda memiliki budget ketat, flooring ini adalah pilihan yang tepat.
 
  • Sangat tahan kelembapan dan air

Sebenarnya semua lantai vinyl itu jenis yang paling tahan akan kelembapan dan air, namun dibandingkan vinyl lainnya, jenis yang lembaran adalah yang lebih sulit ditembus oleh kedua hal tersebut. Hal ini karena proses instalasinya yang membutuhkan satu lembar besar saja, sehingga air tidak bisa merembes melalui celah-celah.
 
  • Memiliki banyak pilihan desain

Karena lantai vinyl dipasang jadi satu, Anda dapat mencetak desain atau pola flooring apapun yang Anda inginkan. Produsen lantai dapat mencetaknya pada satu lembar vinyl yang lebar. Jadi jika Anda ingin memiliki lantai marmer, misalnya, Anda akan mendapatkannya dengan mudah dan dengan harga yang lebih murah dengan vinyl lembaran.
 
Baik lantai vinyl papan atau lembaran, pastikan bahwa Anda mendapatkan flooring dengan kualitas yang top seperti produk-produk dari House of Countrywood. Kami menyediakan berbagai jenis lantai vinyl terbaik dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan anda. Untuk lantai hunian atau proyek/bisnis sempurna Anda sekarang, jangan ragu untuk menghubungi kami