# Foto
4 Pertanyaan Wajib Untuk Anda Yang Memilih Lantai Parket

Parket adalah jenis lantai yang dapat membuat rumah Anda langsung terlihat artistik dan modern oleh karena desainnya yang dapat dibentuk geometris. Jika Anda sedang mempertimbangkan lantai parket untuk hunian Anda, maka pertanyaan berikut dapat membantu Anda.

 

- Bagaimana cara saya melindungi lantai parket?

Gunakan karpet atau keset di dekat pintu keluar untuk mencegah adanya kotoran yang masuk dalam sela-sela atau di bawah lantai Anda. Untuk dapur, Anda dapat menaruh lap dan keset kain di sekitar counter dan tempat cuci piring untuk menangkap dan menyerap air atau hal lain yang jatuh atau tumpah.

 

Anda juga dapat memberi lapisan kain pada perabot rumah yang berhadapan langsung dengan lantai parket, misalnya kursi, meja dan sofa. Bila Anda memiliki binatang peliharaan, jangan lupa untuk memotong kuku dan mengikirnya.

 

- Jenis kayu manakah yang paling baik sebagai parket?

Setiap kayu memiliki kekurangan dan kelebihannya, mulai dari ketahanan, warna, ketersediaan, dan harga. Namun jika Anda bimbang dan tidak tahu mana yang dipilih, kayu ek atau kayu pasang adalah jenis yang seringkali direkomendasikan untuk lantai parket. Pohon ek juga tersebar di seluruh Indonesia, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

 

Menurut para ahli, kayu ek yang paling baik adalah European Oak oleh karena sifatnya yang tahan lama dan kemampuannya menyerap segala warna. Jika Anda sangat peduli akan warna lantai parket Anda, coba request kayu ek yang masih belum diberi warna atau yang berwarna keputihan.

 

- Desain lantai parket apa yang paling baik dan populer?

Hal ini tentunya tergantung dari selera Anda. Desain yang terkenal dan sering digunakan adalah Versailles, Monticello, Basketweave, Bordeaux, dan Brick Pattern. Tetapi ada dua jenis desain yang paling menonjol di antara nama-nama tersebut, yaitu Herringbone dan Chevron.

 

Meskipun bentuknya sama-sama zigzag, Herringbone memiliki kesan yang lebih klasik dan tradisional. Sedangkan, Chevron terlihat lebih modern dan mewah oleh karena arah pemasangannya yang terlihat seperti ilusi optik. Di sisi lain, desain lantai parket Chevron adalah pilihan yang lebih mahal oleh karena presisi yang harus dipertimbangkan.

 

- Apa saja kelebihan dan kekurangan parket finished dan unfinished?

Ketika Anda membeli lantai parket, Anda dapat memilih jenisnya. Finished berarti kayu parket tersebut sudah diwarnai dan diberi lapisan pelindung saat produksi. Unfinished berarti kayu tersebut masih dalam keadaan “mentah” dan finishing-nya dilakukan di tempat pemasangan.

 

Jika Anda lebih menyukai hal-hal yang terpersonalisasi, maka lantai parket unfinished adalah pilihan yang lebih tepat untuk Anda. Namun bila Anda lebih suka sesuatu yang praktis (karena Anda tidak perlu menunggu proses pengeringan) dan lebih tahan lama, Anda akan lebih menyukai jenis yang finished.

 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan lainnya seputar lantai parket yang terbaik untuk rumah impian, House of Country Wood dengan senang hati akan membantu Anda dan mewujudkan impian tersebut. Jangan ragu untuk menghubungi tim sales kami sekarang juga.