# Foto
Pro dan Kontra Memasang Laminate Pada Kamar Tidur Anda

Laminate adalah flooring kayu sintetik yang seringkali digunakan pada tipe bangunan, hunian, kantor, atau bisnis dengan tema atau interior yang modern, klasik, dan natural. Dalam ruangan apapun, termasuk ruang tidur, flooring ini dapat memberikan kesan yang hangat dan mewah. Namun apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan memasang flooring ini di kamar tidur?

Kelebihan

Keunggulan yang paling menonjol dari flooring ini adalah harganya. Seperti yang sudah Anda ketahui, laminate adalah pilihan lantai yang ekonomis dibandingkan kayu asli atau batu alam. Tergantung dari perusahaan atau toko yang jual lantai kayu ini, Anda bahkan bisa mendapatkan laminate dengan harga yang lebih murah dibandingkan lantai vinyl luxury.

Meski harganya lebih menghemat kantong, flooring ini tetap dapat mengimitasi hardwood atau lantai mewah lainnya. Kayu jenis apapun, termasuk yang eksotis dan langka, dapat ditiru oleh laminate. Memang, teksturnya akan terasa agak berbeda dari aslinya, namun ketika dilihat saja, orang lain tidak akan mengetahui bahwa flooring tersebut adalah imitasi.

Bila Anda memiliki alergi debu, maka laminate sangat cocok dipasang di kamar tidur Anda. Beberapa hal yang membuat laminate unggul adalah mudahnya membersihkan lantai ini dan kemampuannya menahan debu atau partikel alergen lainnya. Yang hanya perlu Anda lakukan adalah menyapu atau menggunakan vacuum cleaner secara rutin. 

Karena tidak semua flooring dibuat sama, sebaiknya Anda menanyakan perusahaan atau toko yang jual lantai kayu laminate yang Anda pilih mengenai kemampuan lantai ini dalam menahan debu atau partikel alergen lainnya.

Kekurangan

Tentunya Anda menginginkan ketenangan ketika berada di dalam kamar tidur, bukan? Yang harus Anda ketahui, laminate adalah tipe lantai yang cukup ramai. Berbeda dengan vinyl yang cenderung lunak, flooring ini sifatnya keras terutama jika langsung dipasang tanpa subfloor. 

Karena itu, lantai ini akan bersuara ketika dipijak. Untuk kamar tidur di lantai bawah, mungkin hal ini tidak akan memiliki dampak yang terlalu buruk. Namun jika ruang tersebut berada di lantai dua atau lantai yang lebih atas, setiap langkah kaki akan mengeluarkan suara yang cukup keras. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memasang karpet atau keset yang lembut.

Bila ruangan tersebut dimiliki anak kecil atau orang yang lebih tua, maka Anda juga harus memberikan perlindungan ekstra karena sifat lantai laminate yang keras ini. 

Kelemahan dari flooring ini adalah sinar UV. Memang ada tipe papan laminate yang memiliki lapisan pelindung anti UV, namun jika terpapar sinar matahari terus menerus, warna dan lapisan gambar flooring ini dapat pudar. Lebih baik Anda menggunakan tirai atau kanopi supaya lantai Anda dapat bertahan hingga waktu lama.

Laminate merupakan benda yang sintetik dan menggunakan cukup banyak bahan kimia pada proses produksinya. Meski demikian, lapisan-lapisan yang ada pada flooring ini, termasuk coating, sudah dapat menahan bahan kimia tersebut supaya tidak merembes keluar. Malah, karpet sintetis membuat Anda bersentuhan langsung dengan bahan kimia dan dapat memberikan reaksi alergi secara langsung.

Namun, jika Anda memiliki reaksi alergi hebat terhadap bahan kimia tersebut, Anda tidak dapat memasangnya pada kamar tidur. Bila Anda masih tetap khawatir, Anda bisa meminta informasi ini kepada perusahaan atau toko yang jual lantai kayu laminate yang Anda percaya.

Intinya, dengan lantai laminate, Anda bisa memperoleh kamar tidur yang cantik dan terkesan mewah tanpa harus menguras kantong Anda. Meski memiliki beberapa kekurangan, Anda masih bisa menguranginya dengan berbagai cara yang sudah kami sebutkan. 

Tertarik untuk memasang flooring ini pada kamar tidur Anda? Hubungi tim House of Countrywood sekarang juga untuk memilih tipe laminate yang Anda butuhkan sekarang juga. Sebagai penyedia flooring berkualitas, kami tidak hanya jual lantai kayu laminate saja. Kami juga mengedepankan layanan yang unggul dan tuntas untuk para pelanggan kami yang berharga.