Sebaiknya  Memilih Jenis Flooring Kayu Biasa Atau Eksotis?
31 Oktober 2019 Admin Lantai Kayu

Sebaiknya Memilih Jenis Flooring Kayu Biasa Atau Eksotis?

Ketika Anda sedang mencari flooring untuk proyek, hunian, dan properti lainnya, dan Anda harus membuat keputusan mengenai jenis kayu yang harus dipilih, hal itu tentu tidaklah mudah. Apalagi, jenis kayu yang dijadikan lantai tidak sedikit, seperti kayu pinus, jati, ek, mahoni, dan akhirnya Anda bingung ketika dihadapkan banyak pilihan.

Jika Anda menginginkan flooring yang unik dan jarang ditemukan, maka Anda akan menemukan jenis kayu seperti ipe, snakewood, olivewood (dari pohon zaitun), tigerwood, cumaru, dan sebagainya. Pilihan-pilihan tersebut juga akan membuat Anda semakin bimbang dan tidak yakin untuk memilih. Selain itu, beberapa jenis flooring kayu eksotis yang asli juga berharga lebih murah daripada yang populer.

Lalu, bagaimana cara memilih jenis kayu yang tepat? Tidak hanya jual lantai kayu saja, House of Countrywood juga senantiasa ingin membantu pelanggan kami menentukan pilihan yang paling sesuai.

Perhatikan penampilan kayunya

Di jaman modern ini, estetika adalah suatu faktor yang seringkali diutamakan dan diminati. Tentunya, selera dan preferensi tiap orang berbeda-beda, sehingga pilihan jenis kayu yang digunakan sebagai flooring juga akan bervariasi. 

Umumnya, orang-orang yang memilih jenis kayu eksotis daripada yang populer lebih mementingkan penampilan, corak, dan rupa kayunya yang tiada duanya. Kayu yang berwarna sangat gelap biasanya berasal dari spesies pohon yang cukup langka, dan flooring kayu berwarna terang lebih mudah ditemukan pada pohon yang populer.

Untuk Anda yang menginginkan flooring kayu solid dari pohon-pohon eksotis, Anda mungkin harus mengeluarkan biaya lebih banyak oleh karena kelangkaan dan proses pengirimannya. Bila Anda terhalang budget yang tidak banyak, maka Anda bisa mendapatkan lantai dari jenis pohon yang sudah terkenal dan meminta produsen atau pihak yang jual lantai kayu untuk mewarnainya sesuai selera Anda.

Mana yang lebih ramah lingkungan?

Apabila kita mengingat bagaimana flooring kayu dibuat, tentu banyak yang berpendapat bahwa memilih lantai dari jenis pohon yang eksotis dan langka adalah hal yang tidak ramah lingkungan. Sehingga, bila Anda adalah orang yang ingin tetap melestarikan lingkungan, maka pilihan ini kurang tepat untuk Anda.

Akan tetapi, impian Anda tidak akan menjadi mimpi saja. Anda masih bisa mendapatkan flooring tersebut namun Anda tetap bisa melestarikan lingkungan. Carilah produsen lantai kayu solid yang memiliki sertifikasi terakreditasi dari Forest Stewardship Council (FSC). 

Sertifikasi ini dapat mengenali kayu yang didapatkan dari pihak yang bertanggung jawab atau tidak. Lembaga ini juga memastikan bahwa hutan-hutan akan selalu dikelola dengan baik dan dapat dinikmati oleh generasi-generasi penerus.

Selain memperhatikan sertifikasi, ada cara lain untuk mendapatkan flooring kayu eksotis tanpa menebangi pohon dan juga dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Berkat rekayasa teknologi yang semakin canggih, lantai kayu tiruan seperti laminate dan vinyl dapat memberikan lantai yang Anda inginkan, apapun jenis kayunya. 

Bila Anda memilih produk dari kami yang jual lantai kayu berkualitas, flooring kayu tiruan itu tidak akan terlihat terlalu palsu dan Anda tetap bisa menikmati berbagai keunggulan lantai tersebut dalam waktu yang lama.

Apabila Anda masih membutuhkan informasi seputar flooring kayu dan produk-produk House of Countrywood yang jual lantai kayu, segera hubungi tim kami.