# Foto
Seberapa Lama Lantai Kayu Vinyl Dapat Bertahan?

Vinyl adalah salah satu pilihan lantai kayu murah yang dapat Anda temukan di sekitar Anda. Flooring jenis ini memang terkenal memiliki beberapa keunggulan dari kayu asli. Tetapi Anda harus tahu bahwa lantai ini bukanlah jenis yang sama sekali tidak dapat hancur atau rusak. Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan bahan vinyl yang mempengaruhi ketahanan flooring tersebut.

Mengenal lapisan-lapisan yang ada pada lantai vinyl papan

Produsen lantai kayu murah ini memiliki rancangan produk yang berbeda-beda, akan tetapi papan vinyl biasanya terdiri dari 4 lapisan. Lapisan yang paling atas atau pelindung, cetakan yang memberikan kesan dan penampilan seperti kayu asli, inti yang biasanya terdiri dari komposit dan/atau serat kaca, dan lapisan dasar yang biasanya terbuat dari PVC daur ulang atau virgin supaya papan bisa lebih kokoh dan tahan lama.  

Beberapa produsen menambahkan lapisan pelindung satu saja dan ada juga yang menambahkan dua. Baik satu ataupun dua, lapisan ini adalah hal yang sangat menentukan ketahanan vinyl. 

Lapisan dasar

PVC adalah bahan yang kokoh dan tahan lama sehingga produsen-produsen menggunakannya sebagai lapisan dasar serta inti. Jika bahannya virgin, maka sifatnya akan lebih tahan lama. 

Sebenarnya jenis daur ulang bisa sama kuatnya, akan tetapi jenis ini tidak memiliki standar industri sehingga bahan bakunya bisa apa saja yang dapat dicampurkan seperti karet atau heavy metal. Sehingga, jenis ini memiliki sifat yang kurang tahan air dan tahan lama. 

Selain itu, bahan lain yang tercampur juga dapat mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan dan hal ini bisa menjadi masalah. Jika Anda menemukan flooring vinyl yang terbuat dari bahan daur ulang, ketahui apa saja campurannya. 

Lapisan paling atas/pelindung

Umumnya, bahan lapisan papan vinyl ada tiga jenis. Vinyl bening adalah jenis yang cukup sering digunakan namun jenis ini dapat membuat flooring lebih cepat kusam. Urethane adalah jenis yang sedikit lebih baik daripada vinyl namun flooring masih bisa kusam. Ada versi urethane yang lebih baik yaitu yang sudah diberi bahan tambahan seperti aluminium oksida dan keramik atau silica beads. Hal ini akan membuat lapisan tersebut jauh lebih tahan lama dan melindungi papan dengan lebih baik. 

Perhatikan ketebalan lapisan

Selain kualitas dan bahan-bahan lapisan, ketebalannya juga sangat menentukan ketahanan lantai kayu murah satu ini. Bahkan, hal ini mungkin saja faktor penentu ketahanan flooring vinyl tersebut yang dapat membantu Anda menentukan mana yang harus Anda pilih. Umumnya, jika tingkat ketebalannya lebih tinggi, maka produk tersebut akan lebih tahan lama. 

Standar pengukuran ketebalan lapisan ini menggunakan milimeter. Umumnya, tebalnya lapisan berkisar 0.1mm- 1mm, bila semakin tebal, maka semakin baik dan tahan lama. Jika Anda sangat mementingkan ketahanan flooring misalnya untuk keperluan komersial, kami menyarankan Anda membeli produk dengan ketebalan paling tidak 0,5mm atau diatasnya. 

Yang perlu Anda ingat, semakin tebal atau baik kualitas sebuah flooring, maka akan semakin mahal juga harganya. Akan tetapi, anggap saja hal ini sebagai sebuah investasi. Anda mengeluarkan lebih banyak biaya di awal supaya Anda tidak perlu memikirkan biaya lain nantinya. 

Meskipun ada perbedaan ketebalan lapisan yang menentukan ketahanan lantai vinyl, bukan berarti Anda melulu harus membeli yang tebalnya minimal 0,5mm. Jenis tersebut dikhususkan bagi Anda yang mengutamakan kekokohan untuk keperluan komersial. 

Anda punya pertanyaan? House of Countrywood adalah perusahaan yang menjual lantai kayu murah berkualitas dan tahan lama untuk hunian Anda, area komersial, maupun proyek lainnya. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk kami. Tim kami akan selalu siap melayani Anda.