Tips Seputar Lantai Parket yang Harus  Anda Ketahui
03 September 2018 Admin Lantai Parket

Tips Seputar Lantai Parket yang Harus Anda Ketahui

Lantai parket adalah salah satu pilihan flooring yang sangat menarik secara visual, sehingga tak heran bila banyak sekali yang menyukai lantai ini. Jika Anda salah satunya, maka tips-tips berikut akan membantu Anda memasang dan menjaganya.
 
 

- Pilihan desain lantai parket untuk ruangan yang berbeda

Lantai parket adalah jenis yang sangat cocok untuk dipasang di area atau ruangan yang cenderung formal. Desainnya menjadikan lantai ini salah satu pilihan yang sangat elegan, artistik, dan dekoratif. Oleh karena itu, Anda lebih baik memasangnya di ruang tamu, ruang makan, dan lobi.
 
Sebaliknya, tidak disarankan untuk memasang parket pada ruang yang sempit atau fungsional. Corak yang beragam dari lantai ini akan terlihat terlalu ramai pada area seperti dapur, kantor, atau kamar mandi. Ruangan tersebut aktif dan membutuhkan fokus. Selain itu, polanya yang ramai akan membuat ruangan kecil terkesan berantakan.
 
Umumnya, pola lantai parket memiliki arah. Artinya, tiap papan harus dipasang pada arah tertentu agar pola yang Anda inginkan terbentuk dengan baik. Jika tidak, maka hasil akhir yang Anda dapatkan akan terlihat tidak harmonis dan kacau. Pastikan proses pemasangan papan dilakukan oleh profesional yang berpengalaman seperti House of CountryWood.
 
Perlu diingat, nama pola parket akan berbeda dari satu produsen ke lainnya. Terkadang, nama yang sama dapat berarti pola yang jauh berbeda. Pastikan Anda mengetahui bahan dan pola dengan baik sebelum membelinya. Kami akan dengan senang hati membantu Anda dengan berbagai informasi penting.
 
 

- Air vs parket 

Dibandingkan dengan lantai hardwood atau papan kayu asli, lantai parket adalah pilihan yang lebih baik untuk lingkungan yang lembab. Hal ini disebabkan papan parket yang lebih tahan memuai oleh karena tingkat kelembapan yang tinggi. Akan tetapi, lantai ini tetap tidak disarankan untuk dipasang pada tempat yang basah seperti kamar mandi.
 
 

- Pemasangan parket

Kebanyakan lantai parket dipotong menggunakan pemotong yang lurus sehingga papan tersebut dapat terpasang rapat dengan baik. Lantai ini sebaiknya Anda pasang dengan perekat kayu asli atau memakunya pada lantai untuk papan yang lebih tebal. Tim House of CountryWood dapat membantu Anda dalam hal ini.
 
 

- Memoles lantai parket kembali

Pada dasarnya, parket terbuat dari (atau memiliki banyak kandungan) kayu asli. Sehingga, Anda dapat memolesnya kembali. Frekuensinya bergantung pada ketebalan dan jenis/kadar kayu. Jika parket Anda memiliki ketebalan yang sama seperti papan kayu asli, Anda dapat memolesnya sesuai standar lantai hardwood. 
 
Akan tetapi, memoles kembali lantai parket tidak akan semudah melakukannya pada papan kayu asli. Mengapa? Bahan dan ulir kayu parket tidak memiliki arah yang konsisten. Papan parket lebih kecil dan memiliki pola berarah.
 
Sehingga, hal ini dapat menimbulkan goresan pada lantai yang cukup susah untuk dikilapkan kembali. Anda mungkin harus mengamplasnya pada tempat tertentu agar permukaannya tetap halus. Bila kesusahan, jangan ragu untuk berkonsultasi tentang ini kepada tim kami.
 
 
Untuk tips lainnya mengenai lantai parket berkualitas, Anda dapat membaca artikel lainnya atau langsung saja menghubungi staf House of CountryWood untuk mendapatkan solusi dan informasi terbaik untuk kebutuhan lantai kayu Anda.