# Foto
Tips untuk Memiliki atau Merancang Lantai Parket yang Estetik

Memilih lantai parket yang tepat untuk proyek atau hunian Anda mungkin bukanlah hal yang mudah. Berikut adalah penjelasan tiap warna, ketebalan, dan lebar flooring yang dapat membantu Anda.
 

Lantai parket berwarna gelap

Apabila Anda adalah penggemar style tradisional atau rustic, maka parket gelap adalah pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Ruang tamu dan dapur adalah area yang cocok untuk memiliki warna ini. Supaya terlihat lebih bagus, kontraskan dengan perabotan atau dekor berwarna putih. Hal ini akan memberi ruangan tersebut sebuah karakter dan warna lantai semakin ditonjolkan.
 

Warna terang alami

Dengan warna netral ini, Anda bisa bebas berkreasi pada dekor serta warna perabotan atau dinding. Selain itu, Anda juga bisa menempatkannya di mana saja dan ruangan tetap akan terlihat indah.
 
Umumnya, warna lantai parket ini digunakan untuk style bangunan/hunian kontemporer atau eklektik karena warna ini bukan menjadi titik fokus. Sebaliknya, fungsi parket ini adalah menonjolkan dekorasi atau hal lainnya.
 
Kelebihan parket berwarna terang adalah kemampuannya untuk memberi kesan terang area yang gelap namun juga menonjolkan ruang terbuka pada ruangan yang terang. Goresan juga akan tidak akan mudah terlihat dibandingkan warna lantai yang gelap.
 

Parket warna warni

Apakah Anda tahu bahwa ketika parket tidak diberi pernis, maka Anda dapat memberinya banyak warna? Dengan ini, Anda dapat membuat lantai parket Anda sekreatif atau seformal mungkin sesuai keinginan Anda, mulai dari warna seperti kuning amber hingga warna lain yang Anda sukai. Lantai berwarna-warni tentu akan membuat tamu Anda kagum.
 

Flooring berwarna abu-abu modern

Lantai parket dan kayu lainnya memang sudah ada sejak lama, namun flooring ini tetap memiliki tren seperti warna lantai abu-abu. Di dunia lantai kayu, warna ini menjadi semakin populer di kalangan pemilik hunian atau kantor. Penyebabnya mungkin karena kesan stylish yang langsung didapatkan saat memasangnya.
 
Alasan lainnya juga bisa karena warnanya yang netral namun terkesan lebih modern atau tren masa kini yang cenderung berpihak kepada warna monochrome, dan abu-abu adalah salah satu warna minimalis yang selalu dicari. Apapun penyebabnya, warna ini memang sungguh memberi kesan timeless serta menjadi paduan tradisional (dari lantai parket) dan modern yang cantik.
 

Ketebalan dan lebar parket

Sekarang Anda sudah lebih mengerti mengenai warna lantai parket sehingga Anda juga lebih bisa memilih warna mana yang cocok untuk untuk kesan estetik hunian atau proyek Anda. Selain warna, Anda juga harus memikirkan parket itu sendiri.
 
Tergantung penggunaan, Anda harus memilih ketebalan papan parket yang tepat juga. Papan yang lebih tebal adalah pilihan tepat untuk area yang seringkali dilewati sehingga flooring akan lebih awet juga. Sebaliknya, papan yang tipis lebih baik Anda pasang di tempat yang jarang dilewati, supaya Anda sendiri juga lebih menghemat biaya.
 
Selain itu, lebar papan parket juga tidak kalah pentingnya. Papan yang lebih kecil berfungsi lebih baik untuk memberi kesan ruangan yang lebih panjang, dan papan besar akan terlihat bagus pada ruangan terbuka yang lebar. Biasanya papan yang lebih lebar juga memberikan detail yang lebih jelas seperti urat kayu.
 
Jika Anda masih membutuhkan bantuan mengenai pilihan lantai parket yang sesuai untuk kebutuhan dan keinginan Anda, jangan ragu untuk menghubungi House of CountryWood.