SPC Flooring dan Vinyl itu Tidak Sama, Ketahui Bedanya!
03 Oktober 2022 Admin Lantai Kayu

SPC Flooring dan Vinyl itu Tidak Sama, Ketahui Bedanya!

Waktu pilih-pilih lantai, kita ditawarkan berbagai macam pilihan yang hampir mirip satu sama lain, seperti SPC flooring dan parket laminate misalnya. 

 

Alih-alih mantap memilih, kita malah semakin bimbang ketika harus menentukan lantai kayu mana yang paling cocok untuk kebutuhan yang sekarang.

 

Kali ini, yang ingin kami sorot adalah perbedaan dari lantai stone plastic composite dan luxury vinyl (LVP) yang karakteristik dan rupanya sulit dibedakan kalau dilihat secara sekilas saja. 

 

Biar nggak tambah bingung, yuk simak penjelasan lengkapnya dari House of Countrywood di bawah ini.

 

Table of contents

  • Gambaran besarnya

    • Yang membuat SPC flooring dan luxury vinyl sama

      • 100% anti air

      • Ramah lingkungan

      • Mudah didapatkan

      • Penggunaan di mana saja

      • Easy maintenance

      • Proses instalasi sederhana

    • Kelemahan SPC flooring yang sering dijumpai

      • Papannya lebih keras

      • Tidak setenang LVP

    • Istimewanya SPC Flooring

      • Harga

      • Daya tahan dan stabilitas

      • Baik untuk medan yang challenging

      • Tahan dengan produk kimia

      • Keamanan

      • Warna yang tidak mudah pudar

  • Pada intinya, SPC itu…

SPC Flooring vs vinyl: gambaran besarnya

Ketika melihat dari sudut pandang umumnya, tak heran jika masih banyak yang tidak bisa membedakan flooring komposit plastik dan batu kapur ini dengan vinyl luxury karena merupakan pendahulu SPC.

 

Keduanya mempunyai struktur yang sama dan memiliki lapisan-lapisan yang dilengkapi dengan fitur dan teknologi terkini supaya tahan lama dan stabil. 

 

Hanya saja, lantai yang berbahan limestone dan plastik ini dapat dikatakan sebagai pendatang baru setelah luxury vinyl sudah menjadi opsi aman bagi orang-orang yang menginginkan look dan feel dari flooring kayu asli maupun batu alam tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. 

 

Jika kamu adalah salah satu orang yang masih ragu di antara dua alternatif lantai kayu asli ini, yang patut dilakukan adalah mencari info selengkapnya. Kami akan memulai dari hal-hal yang membuat dua flooring ini sama-sama unggul.

 

 

1.jpg

Yang membuat SPC flooring dan luxury vinyl sama

Meskipun bukan kayu asli, dua jenis flooring ini memiliki kelebihan yang setara. Selain itu, persamaan yang bisa kita temukan adalah:

100% anti air

Semua jenis vinyl tradisional dan lantai komposit batu plastik ini waterproof seluruhnya. Sehingga, kita tidak perlu khawatir dengan berbagai macam tumpahan seperti air biasa, teh, kopi, dan sebagainya.

Ramah lingkungan

Baik SPC dan pendahulunya merupakan pilihan yang baik bagi pribadi atau business owner yang ingin lebih go-green.

Karena, meski terbuat dari plastik, tak jarang bahan yang digunakan adalah hasil daur ulang. Lalu, sifatnya juga tahan lama. 


Jadi, kita bisa membantu melestarikan lingkungan di sekitar kita sambil tetap memotong biaya-biaya ekstra yang akan kita keluarkan saat memiliki flooring kayu asli!


Mudah didapatkan

Sebagai merchant yang solutif, House of Countrywood menyediakan lantai kayu murah tiruan seperti SPC flooring dan LVP. Semuanya tersedia dalam beragam warna, ukuran, pattern, tekstur, dan style


Tentunya, kami bisa mengirimkannya ke seluruh penjuru negara ini dan juga menawarkannya dalam berbagai budget agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Sangat accessible, 'kan?

Penggunaan di mana saja

Semua pilihan flooring kami tersedia untuk segala keperluan desain interior beserta color palette-nya. Kamu bisa menggunakan setiap variannya untuk merubah ruangan apapun jadi lebih estetik dan menarik.


Mau itu kantor, meeting room, ruang tunggu, dapur, bedroom, dan kamar mandi, kamu bisa menjadikannya tambah bikin betah. 


“Memangnya SPC bisa dipasang di dapur dan kamar mandi?” Iya dong! Ingat, flooring ini waterproof total, jadi tidak masalah kalau kamu ingin memasangnya di tempat-tempat basah. 


Bagi yang punya bisnis seperti kafe dan restoran yang selalu ramai dan rentan dengan tumpahan-tumpahan, dua lantai ini juga amat tepat karena sifatnya sangat tahan banting. 

Easy maintenance

Tak cuma tahan banting saja lho, SPC flooring dan luxury vinyl itu sangat populer karena perawatan dan pembersihannya yang no ribet-ribet


Dua jenis lantai ini sangat easy-maintenance, dan kita hanya perlu menyapu dan mengepelnya seperti biasa secara rutin saja.

Proses instalasi sederhana

Yang membuat banyak orang menyukai lantai komposit batu plastik atau LVP adalah pemasangannya yang tidak membutuhkan banyak peralatan, waktu, dan biaya. 


Dibandingkan flooring lainnya seperti karpet dan ubin, kamu tidak akan menunggu terlalu lama untuk menempati ruangan cantikmu yang baru.


Setiap papannya hanya perlu dipasang di permukaan rata. Jadi, jika ruanganmu sudah berlantaikan keramik atau sejenisnya, tidak perlu melakukan persiapan khusus dan cukup menunggu pemasangannya selesai saja.


Tak heran, banyak customer yang senang ketika memilih SPC atau vinyl dari House of Countrywood. Kemudahannya berlipat-lipat!


2.jpg

Kelemahan SPC flooring yang sering dijumpai

Setelah membahas persamaannya, sekarang kita masuk ke hal-hal yang membuat SPC kurang disukai. 


Stone plastic composite dan LVP boleh saja mirip, tapi bagi orang-orang yang sudah menjajal keduanya, mereka mengutarakan beberapa keluhan dari SPC dan pada akhirnya lebih memilih vinyl. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

Papannya lebih keras

Sesuai dengan namanya, karena bahan rigid core-nya terbuat dari batu kapur, SPC memiliki konstruksi yang keras. Hal yang kurang disukai dari fitur ini adalah pijakannya yang kurang nyaman. 


Saking kerasnya, perbandingannya seperti menjatuhkan gelas kaca ke ubin; akan langsung pecah berkeping-keping ‘kan? Sebaliknya di beberapa waktu, benda tersebut tidak akan langsung pecah berantakan jika jatuh di atas flooring LVP. 


Di kejadian yang langka, lantai ini dapat meningkatkan potensi luka-luka dibandingkan vinyl. Karena bila ada yang terjatuh, luka dan rasanya seperti jatuh di keramik, marmer, dan flooring keras lainnya.


Tidak setenang LVP

Karena konstruksi dan strukturnya yang kaku itu tadi, timbul kelemahan lainnya yaitu  noise reduction yang minim, terutama dibandingkan vinyl tradisional lainnya. 


Oleh karena itu, perkantoran atau area komersial yang pegawai dan pengunjungnya menggunakan sepatu dengan hak atau sol berbunyi akan terdengar lebih lantang dan ramai. 


Maka dari itu, flooring ini kurang cocok bagi pemilik bisnis atau homeowner yang menginginkan kedamaian dan ketenangan.


Istimewanya SPC Flooring

Tidak usah ciut hati dulu ketika melihat dua kekurangan dari lantai batu plastik composite di atas, karena dibalik kelemahan tersebut, ada lebih banyak kelebihan yang bisa kamu nikmati. 

Harga

Kalau dibandingkan dengan LVP, stone plastic composite bisa memiliki harga yang lebih rendah, meski keduanya merupakan alternatif flooring kayu asli yang terjangkau. 


Alasan utamanya adalah kebutuhan komponen, yaitu batu kapur, yang proses produksinya tidak memakan biaya sebanyak pembuatan plastik.


Daya tahan dan stabilitas

Perpaduan plastik dan batu menjadikan lantai komposit ini lebih tidak mudah memuai dan menyusut. 


Sehingga, flooring SPC tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan suhu, cuaca, serta tingkat kelembapan yang ada dari dalam maupun luar ruangan.


Jadi, rigid core yang terbuat dari limestone ini tidak membuat kita khawatir lagi dengan lantai yang melengkung atau menekuk seperti kayu asli. 


Campuran dua bahan yang kokoh ini pada akhirnya memiliki daya tahan yang lebih unggul dibandingkan flooring tradisional lainnya tanpa pemeliharaan yang merepotkan. Jika ada bagian yang harus diganti, maka penggantiannya tak memerlukan pembongkaran total, melainkan hanya di papan yang rusak saja.


Lalu, kita juga akan jarang menemukan goresan dan aus di sepanjang service life-nya. Sehingga, meski kita tidak merawatnya secara khusus seperti kayu asli, penampilan dan rupanya akan terlihat tetap fresh dan cantik selama bertahun-tahun. Menguntungkan sekali ‘kan?

 

3.jpg

Baik untuk medan yang challenging

Lapisan inti yang terbuat dari batu di setiap papan SPC flooring membuatnya setingkat lebih unggul dibanding LVP. 


Mengapa begitu? Karena keras, papannya tidak mudah melekuk-lekuk akibat paparan sinar matahari atau hawa panas yang berkelanjutan. Dan, kita bisa memasangnya di atas permukaan yang tidak terlalu rata.


Maka itu, tak jarang yang lebih memilih lantai ini untuk tempat-tempat yang memberikan tantangan tersendiri. Performa dari flooring berbahan batu dan plastik ini baik dan patut diacungi jempol.

Tahan dengan produk kimia

Ada tumpahan yang mengandung bahan kimia sehari-hari? Tenang, tak perlu ribut dan takut dulu. Setiap papan lantai komposit ini sifatnya tidak korosif, jadi kita bisa langsung membersihkannya dengan tisu atau kain saja.